PPKn Kelas 12

Fokus pembelajaran PPKn Kelas 12 meliputi Pembangunan Berkelanjutan untuk Mewujudkan Kemakmuran Bangsa, Ciri-ciri Kepemimpinan Pancasila, Ciri-ciri Warga Negara yang Baik sesuai Pancasila, Harmonisasi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Masyarakat Global dan Mutikultural

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 12

Pembangunan Nasional

Pembangunan Berkelanjutan untuk Mewujudkan Kemakmuran Bangsa

Peserta didik melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan pembangunan di daerahnya masing-masing selama sepuluh tahun terakhir. Peserta didik membandingkan kemajuan dan kemakmuran pada masa sepuluh tahun yang lalu dengan masa sekarang dan memberi tanggapan terhadap pelaksanaan pembangunan tersebut. Dalam pempelajaran ini, Guru memberikan penegasan mengenai pentingnya pembangunan secara berkelanjutan untuk mewujudkan kemakmuran bangsa.

Kepemimpinan Pancasila

Ciri-ciri Kepemimpinan Pancasila

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka untuk mennemukann berbagai tipe kepemimpinan. Pesrta didik berdiskusi untuk menganalisis tipe yang sesuai dengan kepemimpinan Pancasila dan merumuskan beberapa ciri dari kepemimpinan Pancasila. Dalam kegiatan ini, Guru mengarahkan peserta didik agar jika kelak menjadi pemimpin dapat menerapkan ciri kepemimpinan Pancasila dengan konsekuen.

Warga Negara

Ciri-ciri Warga Negara yang Baik sesuai Pancasila

Peserta didik melakukan curah pendapat untuk merumuskan ciri-ciri warga negara yang baik sesuai nilai-nilai Pancasila dilihat dari aspek interaksi sosial, partisipasi, dan cara berpikir. Setiap peserta didik mengelaborasi ciri-ciri yang ditemukan disertai dengan alasan dan impplikasinya. Dalam pempelajaran ini, Guru mengarahkan agar peserta didik bisa menjadi warga negara yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Hak dan Kewajiban

Harmonisasi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Masyarakat Global dan Mutikultural

Peserta didik melakukan pengamatan dan mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang menggambarkan pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang multikulltural. Peserta didik menggali informasi dari berbagai media sosial untuk menemukan contoh peristiwa-peristiwa yang menggambarkan pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyarakat global. Dengan bimbingan Guru, peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan berdiskusi untuk merumuskan prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh dalam pelaksanaan hak dan kewajiban agar tidak menyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Dalam pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik agar selalu berpegang pada nilai-nilai Pancasila dalam melaksanakan hak dan kewajiban baik pada masyarakat multikultural maupun masyarakat dunia.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan kepatuhan dan kesadaran terhadap hukum, pemahaman, kebiasaan kepedulian dan kesadaran melestarikan lingkungan alam dan sosial.
  • Memperlihatkan keyakinan terhadap Pancasila sebagai dasar negara, berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, menjalankan hak dan kewajiban, serta kebiasaan berinteraksi secara terbuka dan komunikatif.
  • Memperlihatkan pemahaman dan kesadaran berinteraksi secara sopan dan terbuka, serta kebiasaan hidup gotong royong, berpikir mandiri, kreatif, dan konstruktif.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)