Ilmu Pengetahuan Alam

Fokus Pembelajaran IPA

Muatan IPA berkaitan dengan makhluk hidup dan kehidupan, energi dan perubahannya, serta materi dan sifatnya, yang dalam proses pembelajaran memerlukan proses ilmiah. Oleh sebab itu pembelajaran IPA harus dilaksanakan dengan pendekatan saintifik yang menekankan proses ilmiah. Proses ilmiah dilakukan melalui kegiatan penyelidikan mulai dari penyelidikan sederhana (penjajakan) terhadap alam sekitarnya untuk menemukan bukti dan penjelasan, hingga penyelidikan yang lebih rumit untuk memprediksi gejala alam dan menemukan solusi berbagai masalah. Pembelajaran IPA juga harus menekankan interaksinya dengan teknologi, lingkungan, dan bidang ilmu yang lain, misalnya melalui STEM (science, technology, engineering, and mathematics) sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal bagi perkembangan siswa, perkembangan IPTEKS, dan kehidupan bermasyarakat. Pemilihan model pembelajaran inquiry, discovery, group investigation, problem based learning, project based learning atau model lainnya dalam pembelajaran muatan IPA akan memfasilitasi tumbuhnya keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Pembelajaran IPA pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs harus dilakukan secara tematik/ terintegrasi/terpadu, kontekstual, dan tentu harus menyesuaikan dengan trend yang sedang terjadi. Dengan demikian, pembelajaran IPA diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap capaian pembelajaran lulusan dan mampu mengjhasilkan generasi yang unggul, bermartabat, dan berkarakter. Sedangkan pembelajaran IPA pada jenjang SMA/MA dilakukan secara terpisah diantara rumpun bidang ilmu IPA, yaitu Fisika, Kimia, dan Biologi, namun ketiganya tetap satu kesatuan yang saling terkait sebagai muatan IPA. Oleh sebab itu, fokus pembelajaran ini disusun untuk menjembatani keterkaitan antar konsep, keterampilan, dan sikap pada muatan IPA di semua kelas, baik pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/MA.

Dengan luasnya muatan IPA yang harus dipelajari oleh siswa, maka perlu diidentifikasi hal-hal pokok yang menjadi fokus pembelajaran muatan IPA. Fokus pembelajaran ini merupakan usaha untuk mengakomodir kebutuhan akan point-point penting yang harus dibelajarkan guru kepada siswa, dengan tetap memberikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sebagaimana tuntutan Abad 20. Oleh sebab itu, pada fokus pembelajaran ini hanya memilih topik-topik yang benar-benar diperlukan dalam kehidupan maupun pembelajaran di tingkat kelas itu maupun tingkat kelas berikutnya. Dengan adanya dokumen Fokus Pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi sekolah dalam mengembangkan struktur pembelajaran, baik apapun kurikulum yang diberlakukan, serta seperti apapun situasi dan kondisinya. Karena dokumen ini memberikan peluang kebebasan bagi guru untuk berkreasi, berinovasi, dan beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang terjadi untuk dibelajarkan pada siswa.

Last modified May 28, 2022: reorganize content (55011d8)