Sosiologi Kelas 10

Fokus Pembelajaran Sosiologi Kelas 10 meliputi bahasa tentang Pengertian Sosiologi, Perspektif, dan Metode Penelitian; Interaksi Sosial Sehari-hari; Sosialisasi; Institusi Sosial, Jenis dan Fungsinya.

Fokus Pembelajaran Sosiologi Kelas 10

Pengertian Sosiologi, Perspektif, dan Metode Penelitian

Peserta didik mengenali sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat, perspektif sosiologi (struktural fungsional, konflik, dan interaksionisme simbolik, pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif, metode penelitian survey dan wawancara mendalam, serta etika penelitian, melalui kegiatan diskusi dan penelusuran literatur dari berbagai sumber belajar.

Interaksi Sosial Sehari-hari

Peserta didik melakukan analisis melalui diskusi, pengamatan langsung dan tidak langsung, serta wawancara, mengenai interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari (dalam keluarga, sekolah, lingkungan tempat tinggal), permasalahan dalam proses interaksi, status dan peran individu yang berinteraksi, komunikasi verbal dan non verbal, serta kemampuan berinteraksi sosial yang baik dengan memperhatikan perbedaan stratifikasi dan diferensiasi sosial.

Sosialisasi

Peserta didik mengenali berbagai konsep sosialisasi, mengaplikasikan konsep tersebut dalam menjelaskan agen (keluarga, teman bermain, sekolah, dan media massa), pola, dan proses sosialisasi; membuat usulan tentang bagaimana menjalankan peran sebagai peserta didik dan anggota masyarakat, melalui kegiatan diskusi, penelusuran literatur dari berbagai sumber belajar, dan pengamatan.

Institusi Sosial, Jenis dan Fungsinya

Peserta didik melakukan penelitian dengan observasi dan wawancara mendalam, serta membuat rencana penelitian mengenai insitusi sosial di lingkungan tempat tinggal dengan memilih salah satu institusi sosial dasar (institusi keluarga, pendidikan, ekonomi, agama, dan politik); menganalisis, mendiskusikan, dan menuliskan laporan penelitian tentang nilai dan norma dalam institusi, fungsi institusi, serta dinamika perubahan institusi dari waktu ke waktu.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan kebiasaan, pemahaman, dan kesadaran berinteraksi dalam keberagaman masyarakat.
  • Menunjukkan kesadaran terhadap nilai dan norma sosial yang ada dalam berbagai institusi sosial di masyarakat.
  • Menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang muncul dalam interaksi sosial.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)