Geografi Kelas 12

Fokus Pembelajaran Geografi Kelas 12 meliputi Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG). Interaksi Antar Wilayah, Pengembangan Jejaring Transportasi, dan Pengembangan Wilayah. Kerjasama Antara Negara Maju dan Negara Berkembang untuk Pengembangan Kepentingan Nasional.

Fokus Pembelajaran Geografi Kelas 12

Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Peserta didik mengkaji hakikat Penginderaan Jauh (PJ) dan Sistem Informasi Geografis SIG sebagai alat (tools) dalam kajian dan penelitian geografi melalui pengamatan citra dan data digital, diskusi dan tanya jawab tentang pemanfaatan citra dalam kajian dan/atau penelitian geografi. Peserta didik juga melakukan penelitian geografi secara kelompok dengan bimbingan guru untuk merancang dan melaksanakan penelitian “sederhana” dengan tahapan identifikasi masalah, perumusan masalah, pemgumpulan data, pengolahan data, analisis data, kesimpulan dan menyajikan hasilnya.

Interaksi Antar Wilayah, Pengembangan Jejaring Transportasi, dan Pengembangan Wilayah

Peserta didik menganalisis fenomena interaksi antar wilayah, jejaring transportasi, dan pengembangan wilayah melalui pengamatan langsung fenomena di wilayah sekitar siswa dan tidak langsung melalui sumber-sumber digital dan cetak, berbagi informasi jejaring informasi antar siswa, dan diskusi kelompok permasalahan interaksi antar wilayah dan transfortasi. Peserta didik juga menemukan pola interaksi antar wilayah dengan jejaring transportasinya untuk pengembangan wilayah melalui kerja kelompok yang dibimbing guru dengan tahapan identifikasi dan perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data dan kesimpulan, serta menyajikan hasil analisis dan pembahasannya.

Kerjasama Antara Negara Maju dan Negara Berkembang untuk Pengembangan Kepentingan Nasional

Peserta didik menganalisis karakteristik dan dinamika kerjasama antara negara maju dan berkembang yang berlangsung selama ini melalui pembelajaran kooperatif dengan membaca sumber-sumber dan media yang relevan. Peserta didik juga merancang kerjasama antara Indonesia dengan negara lain baik negara maju dan berkembang untuk kepentingan nasional melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok yang dibimbing guru sebagai fasilitator.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Kesadaran berinteraksi secara santun, terbuka, dan komunikatif dalam keberagaman masyarakat.
  • Kemampuan menerapkan ilmu dan teknologi, untuk memecahkan masalah yang kompleks.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)