Informatika Kelas 8

Fokus pembelajaran informatika kelas 8 Melindungi keamanan akun pribadi dan memasuki dunia digital yang lebih luas dengan semangat kontribusi positif; Memodelkan perjalanan paket data internet dan menggunakan aplikasi perkantoran; Mengkomunikasikan gagasan komputasi dan menghayati aspek komputasi modern; Pemrograman teks dan konstruk HTML – CSS.

Fokus Pembelajaran Informatika Kelas 8

Etika dan Kesadaran

Melindungi keamanan akun pribadi dan memasuki dunia digital yang lebih luas dengan semangat kontribusi positif

Siswa pada kelas ini umumnya sudah berusia 13 tahun atau lebih. Siswa membuat akun email (misal gmail) dan mengerti pentingnya menjaga password serta tidak memakai password email sebagai password akun media sosial. Siswa mengenal berbagai macam media sosial dan memanfaatkannya secara positif. Siswa mencoba bergabung dengan sebuah media sosial dan berkontribusi sederhana (misal menjawab pertanyaan di Quora: id.quora.com ), dan merespon diskusi dengan positif dan konstruktif. Siswa memahami etika penyebaran informasi, dan mengetahui bagaimana memeriksa dan menyaring informasi. Siswa paham sifat internet “google akan selalu ingat” sehingga hati-hati dalam menguggah foto atau konten lainnya.

Siswa membuat karya berkelompok (dapat berbasis komputer), lalu membuat daftar kontribusi, termasuk orang/teman di luar kelompok. Jika ada komponen mengandung hak cipta (misal foto), siswa menyebutkan sumbernya. Siswa mampu memberi feedback pada karya kelompok lain dengan kata-kata yang baik dan konstruktif.

Pengetahuan dan Ketrampilan

Memodelkan perjalanan paket data internet dan menggunakan aplikasi perkantoran Setelah siswa memahami prinsip kerja dan interaksi antar komponen dalam komputer, memahami konsep interaksi komputer dengan perangkat peripheral lain, serta mengetahui prinsip kerja perangkat jaringan yang terkoneksi langsung denga komputer. Siswa mengetahui prinsip paket internet serta perjalanan paket data itu dari komputer ke komputer lain. Informasi dipecah-pecah menjadi potongan kecil-kecil, dikirim sebagai packets lewat banyak perangkat, lalu dirangkai ulang di tujuan. Siswa melakukan permainan mensimulasikan proses perjalanan informasi ini. Siswa dapat memanfaatkan fitur-fitur lanjut dalam pengolah kata dan pengolah presentasi. Siswa menggunakan aplikasi pengolah spreadsheet (misal MS Excel atau LibreOffice Calc), melakukan olah data sederhana, dan membuat visualisasi untuk presentasi. Siswa memberi nama yang ringkas, deskriptif, distingtif, dan tidak asal memberi nama, untuk suatu file kerja. Administrasi folder dan nama file dapat ditertibkan sejak dini. Siswa dapat menggunakan pengolah gambar (raster, vektor, diagram) sebagai pendukung pembelajaran.

Berpikir komputasi

Mengkomunikasikan gagasan komputasi dan menghayati aspek komputasi modern

Siswa menggunakan flowchart atau pseudo-code untuk mengkomunikasikan pemecahan permasalahan yang kompleks, meski mereka belum tentu akan membuat kode programnya. Misal “bagaimanakah membuat aplikasi Pemilu daring”. Melanjutkan dari tingkat sebelumnya, siswa menemukan bahwa setidaknya ada tiga algoritma sederhana dalam pengurutan: bubble sort, insertion sort, dan selection sort. Siswa melakukan permainan stack, queue, kriptografi dan graf. Siswa mengenal bilangan biner, representasi biner, citra biner. Siswa mengerti mengapa biner yang dipakai oleh komputer. Siswa mengenal ASCII. Siswa paham raster, vektor, dan resolusi.

Pemrograman dan Struktur Data

Pemrograman teks dan konstruk HTML – CSS.

Siswa memulai pemrograman berbasis teks (misal Python). Setelah mengenal variable, data type, conditional statement, loop, py file, array, import, dan I/O. Siswa mampu membuat nested loops. siswa mengenal konsep modularitas pemrograman melalui function. Siswa mampu meng-import modul atau library yang diperlukan dan memanggil methods yang ada di dalamnya. Siswa mengenal konsep object. Siswa mampu menyelesaikan bermacam tantangan pemrograman di level ini. Siswa membuat dokumen web sederhana memakai HTML. Siswa mulai mengenal dan menggunakan CSS untuk membuat tampilan yang bagus untuk dokumen html tadi. Siswa dapat mulai memakai bahasa pemrograman untuk menyelesaikan soal pelajaran lain seperti matematika dan IPA. Jika memungkinkan, siswa dapat mengenal pemrograman visual untuk membuat aplikasi sederhana di smartphone.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • menyadari hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik
  • menunjukkan kebiasaan dan pemahaman berinteraksi secara sopan, santun, terbuka, dan komunikatif dalam keberagaman masyarakat
  • menunjukkan kebiasaan dan pemahaman untuk mematuhi tata tertib, peraturan, dan norma sosial
  • menunjukkan kebiasaan dan pemahaman untuk bersikap dan berperilaku jujur
  • menunjukkan kebiasaan dan pemahaman hidup gotong-royong (kolaborasi), adaptif, mandiri, kreatif, produktif, dan inovatif yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan terdekat
  • menunjukkan kemampuan berkomunikasi berkomunikasi tingkat menengah dengan Bahasa Indonesia secara lisan dan tulis untuk kepentingan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
  • menunjukkan rasa ingin tahu kemampuan memahami dan menerapkan matematika, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan masalah
  • menunjukkan kemampuan menggunakan informatika secara selektif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran
Last modified June 17, 2022: informatika smp (888f191)