Fisika Kelas 10

Fokus Pembelajaran Fisika Kelas 10. Pengukuran dan Kinematika Partikel. Mekanika partikel, Benda Tegar dan Elastisitas. Astrofisika dan Hukum Newton tentang Gravitasi

Fokus Pembelajaran Fisika Kelas 10

Pengukuran dan Kinematika Partikel

Pengembangan pemahaman gerak lurus, gerak parabolik dan gerak melingkar

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang besaran dan pengukuran, yang meliputi angka penting, satuan, besaran vektor dan operasi matematika serta analisis dimensi, yang sebagian diperoleh melalui percobaan, untuk menganalisis berbagai gejala fisis.

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang kinematika partikel satu dimensi (representasi posisi, perpindahan, kecepatan, dan percepatan menggunakan diagram vektor, grafik, dan persamaan matematis) dan kinematika partikel dua dimensi (kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar beraturan, gerak melingkar dipercepat, dan gerak

Mekanika partikel, Benda Tegar dan Elastisitas

Pengembangan pemahaman gerak benda kaitannya dengan energi dan momentum

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang hukum-hukum Newton tentang gerak, teorema usaha-energi, hukum kekekalan energi mekanik, teorema impuls-momentum dan hukum kekekalan momentum linear untuk menganalisis gerak partikel maupun tumbukan antar-partikel.

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang mekanika benda tegar, yang meliputi teorema usaha-energi dan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak benda tegar untuk menganalisis gerak benda tegar.

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang kesetimbangan dan elastisitas benda, yang meliputi hukum Hooke, tetapan pegas, modulus Young, dan modulus bulk untuk menelaah besaran-besaran fisis benda tegar yang berada dalam keadaan setimbang.

Astrofisika dan Hukum Newton tentang Gravitasi

Pengembangan pemahaman asal-usul alam semesta dan interaksi gravitasi antar benda-benda di tatasurya.

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang teori kosmologi sehingga mampu mengungkapkan asal usul terjadinya alam semesta dan struktur jagat raya.

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang interaksi gravitasi Newton antar benda- benda dan efeknya yang berupa hukum Kepler untuk menelaah gerak benda di bawah pengaruh gravitasi Newton termasuk penetapan orbit satelit buatan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia di bumi.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu dan kegemaran memecahkan masalah fisika sederhana dengan pendekatan matematis dan logis.
  • Siswa menunjukkan sikap cakap, terampil, kreatif, produktif, inovatif, mandiri, komunikatif dalam berperilaku di lingkungannya.
  • Siswa berperilaku jujur, berakhlak mulia, beriman, takwa dan mencintai tanah air.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)