Fisika Kelas 12

Fokus Pembelajaran Fisika Kelas 12. Induktor, Bahan Magnet dan Arus Bolak Balik. Gelombang Elektromagnet. Teori Relativitas khusus Eintein. Konsep dan Fenomena Kuantum, Inti Atom.

Fokus Pembelajaran Fisika Kelas 12

Induktor, Bahan Magnet dan Arus Bolak Balik

Pengembangan pemahaman rangkaian bolak balik (AC) sederhana

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang induktor, induktansi diri dan induktansi bersama, transformator dan generator listrik, rangkaian arus listrik bolak-balik (AC) sederhana yang meliputi rangkaian LC dan LRC seri untuk menganalisis persoalan- persoalan yang berkaitan dengan arus bolak-balik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Gelombang Elektromagnet

Pengembangan pemahaman medan listrik dan medan magnet dinamis yang secara Bersama-sama membentuk gelombang elektromagnetik

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang sumber gelombang elektromagnetik, energi gelombang elektromagnetik, interferensi dan difraksi gelombang elektromagnetik untuk menganalisis persoalan-persoalan yang berkaitan dengan gelombang elektromagnetik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Teori Relativitas khusus Eintein

Pengembangan pemahaman teori relativitas khusus Einstein. Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang konsep dan prinsip yang berkaitan dengan gerak dengan kelajuan mendekati laju cahaya seperti postulat teori relativitas khusus, transformasi Lorentz dan implikasinya pengukuran panjang dan waktu, efek Doppler cahaya, energi dan momentum, dan kesetaraan massa dan energi untuk menganalisis persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kelajuan sangat tinggi.

Konsep dan Fenomena Kuantum, Inti Atom

Pengembangan pemahaman sifat dualisme gelombang-partikel pada gelombang elektromagnetik dan partikel bermassa dan dinamika yang terjadi di dalam inti (nuklir). Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang gejala kuantum, khususnya gejala yang berkaitan dengan sifat dualisme gelombang-partikel seperti radiasi benda hitam, efek Compton, efek fotolistrik, dualisme sifat cahaya, dan postulat de Broglie serta tentang inti atom seperti struktur inti, radioaktivitas, reaksi fisi dan fusi, pmbentukan energi nuklir pada matahari untuk menganalisis persoalan-persoalan yang berkaitan dengan gejala kuantum dan inti dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa menunjukkan semakin tumbuh kembang rasa ingin tahu dan kegemaran memecahkan masalah fisika yang lebih kompleks dengan bantuan pemecahan secara matematis dan logis. Siswa semakin menyadari pentingnya matematika, ilmu pengetahuan, teknologi terutama dalam teknologi digital, untuk memecahkan masalah- masalah yang semakin kompleks.
  • Siswa menunjukkan sikap cakap, terampil, kreatif, produktif, inovatif, mandiri, komunikatif dalam berperilaku di lingkungan sekitar.
  • Siswa berperilaku jujur, berakhlak mulia, beriman, takwa dan mencintai tanah air dan turut berkontribusi dalam di tingkat nasional maupun global.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)