IPA Kelas 2

Siswa belajar mengelompokkan benda-benda di alam semesta ke dalam wujud cair, padat, dan gas. Menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, siswa menganalisis bentuk benda yang ada di alam semesta, seperti air berbentuk cair, udara berbentuk gas, dan bumi berbentuk padat.

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 2

IPA (Fisika, Kimia), Alam sekitar

Mengenal alam sekitar dan pentingnya bagi kehidupan

Siswa mengenal bumi tempat tinggal manusia yang padanya terdapat daratan, lautan, dan atmosfir. Lautan mengandung air dan atmosfir mengandung udara yang keduanya diperlukan bagi kehidupan. Di daratan terdapat gunung dan lembah yang berisi berbagai jenis bahan bebatuan yang berguna bagi pembangunan. Di dalam permukaan bumi terdapat berbagai bahan tambang seperti emas, tembaga, perak dan sebagainya serta bahan tambah seperti minyak bumi. Siswa belajar mengenal matahari sebagai sumber energi bagi kehidupan manusia. Energinya dibawa oleh pancaran cahaya matahari. Tanpa cahaya matahari suhu bumi sangat dingin dan kehidupan tidak dapat berlangsung.

Siswa belajar mengelompokkan benda-benda di alam semesta ke dalam wujud cair, padat, dan gas. Menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, siswa menganalisis bentuk benda yang ada di alam semesta, seperti air berbentuk cair, udara berbentuk gas, dan bumi berbentuk padat. Siswa mempelajari keadaan matahari dan mengenal bahwa matahari adalah sebuah bintang yang tidak banyak memiliki material padat, melainkan gas, sedangkan bumi memiliki materi padat bebatuan, sehingga bentuknya padat.

IPA (Biologi), Kesehatan, kebersihan, dan panca indera

Pemahaman kesehatan dan kebersihan lingkungan serta mengenal panca indera

Siswa mengetahui cara-cara untuk memelihara kesehatan diri dan lingkungan. Siswa memahami aturan umum tentang kesehatan diri dan lingkungan, makanan sehat dan bergizi, serta kesehatan masyarakat. Siswa mengenal tubuh dan panca indera manusia, serta gangguan pada panca indera. Misalnya memberikan contoh membuang sampah di tempatnya atau menggosok gigi yang benar. Siswa mengenal bahwa kebersihan sangat penting untuk kesehatan tubuh, terutama panca indera manusia.

IPA (Fisika, Biologi), Bencana alam

Pemahaman peristiwa alam dan bahayanya yang mengancam makhluk hidup dan lingkungan

Siswa diperkenalkan beberapa peristiwa alam yang memberi dampak negatif pada kehidupan manusia seperti perubahan cuaca dan iklim serta bencana alam seperti banjir, tsunami, gempa bumi, dan wabah akibat virus. Siswa belajar agar memiliki kesadaran akan bahaya peristiwa alam tersebut, dan mengenal cara mengurangi atau menghindari bahaya tersebut.

Siswa mengenal dan memahami peristiwa alam yang berpotensi membahayakan diri sendiri, orang lain, dan merusak lingkungan. Siswa mampu melakukan pencegahan perusakan atau pencemaran lingkungan secara sederhana, yaitu dengan memberikan contoh seperti akibat dari membuang sampah sembarangan ke sungai maka sungai akan berbau dan berwarna hitam, dan akan mengakibatkan banjir dan sumber penyakit.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa memiliki kecakapan dan berilmu serta mengagumi pencipta alam semesta, beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.
  • Siswa menunjukkan kecakapan dan berilmu, peduli lingkungan alam dan sosial, serta berperilaku hidup bersih dan sehat, serta turut berperan serta dalam menjaga kelangsungan kehidupan di bumi.
  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
  • Siswa menunjukkan keterampilan dalam menggunakan teknologi dan berkomunikasi dengan sopan dan santun, menggunakan bahasa Indonesia dasar baik lisan maupun tulis dalam interaksi sehari-hari.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)