Bahasa Kelas 7

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 7 meliputi keterampilan dalam Makna kata, mengungkapkan ide utama, menulis, Menulis laporan hasil observasi (LHO), Menyimak dan menulis karya sastra sederhana dan Mengembangkan paragraf deskripsi dalam Bahasa Indonesia. Kemudian dapat Melakukan komunikasi lisan, Ungkapan-ungkapan berdialog, Membangun unsur pembiasaan dan kesenangan membaca serta kemampuan literasi, Menyimak dan menyusun teks announcement dan notes/letters/email/notice serta Memahami teks sederhana dalam bahasa Inggris

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 7


Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7

Keterampilan Membaca, Menulis

Makna kata, mengungkapkan ide utama, menulis

Setelah membaca teks fiksi atau nonfiksi berbasis digital dan nondigital, peserta didik mengemukakan makna kata, baik yang berdiri sendiri maupun yang berada dalam konteks kalimat lalu mengungkapkan ide utama dari teks. Setelah itu, peserta didik menulis karya (berdasarkan hasil bacaan), dalam bentuk fiksi atau nonfiksi.

Keterampilan Menulis, Berbicara

Menulis laporan hasil observasi (LHO)

Peserta didik melakukan pengamatan di luar kelas, pencermatan terhadap berbagai jenis teks tulis, lisan, visual atau multimodal (gabungan dari lisan, tulis, dan visual). Peserta didik mendalami isi teks tersebut. Peserta didik menyusun laporan hasil observasi baik dalam bentuk teks otentik maupun semi otentik. Peserta didik mampu menjelaskan isi laporan secara singkat di depan kelas.

Keterampilan Menyimak, Menulis

Menyimak dan menulis karya sastra sederhana

Setelah menyimak pembacaan karya sastra remaja awal (young adult literature) yang mengasah unsur kecerdasan dan kecerdikan dalam berpikir kritis dan kreatif, peserta didik menciptakan cerpen pendek atau puisi sederhana. Peserta didik menyajikan hasil karyanya di depan kelas. Peserta didik lain memberikan komentar yang apresiatif, jelas, dan santun.

Keterampilan Menyimak, Menulis

Mengembangkan paragraf deskripsi

Peserta didik menyimak berbagai jenis teks tulis, lisan, visual atau multimodal (gabungan dari lisan, tulis, dan visual). Peserta didik menganalisis teks yang mengandung muatan pemahaman lintas budaya (cross cultural understanding) serta menuliskan menjadi paragraf yang memiliki unsur kesatuan dan kepaduan. Peserta didik mengembangkan paragraf deskripsi teks yang dibaca.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kebiasaan dan kegemaran membaca dan mengapresiasi karya fiksi dan non-fiksi serta menulis dengan menggunakan bahasa Indonesia.
  • Menunjukkan rasa ingin tahu untuk menulis LHO dalam bentuk teks otentik atau semi otentik dengan menggunakan sumber rujukan yang jelas.
  • Menunjukkan kemampuan mengapresasi dan menciptakan karya sastra sederhana.
  • Menunjukkan kemampuan menulis melalui pengembangan paragraf.

Fokus Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7

Keterampilan Menyimak, Berbicara

Ungkapan-ungkapan berdialog

Setelah menyimak dan/atau menonton tayangan, video atau kaset yang terkait dengan ungkapan-ungkapan komunikatif berdialog, secara sederhana, peserta didik menirukan dengan perlahan dan intonasi yang benar. Peserta menggunakan ungkapan tersebut sesuai dengan konteks. Peserta didik bergantian peran dalam dialog tersebut dengan ekspresif. Contoh topik berdialog: greeting; introducing self and others; number and counting; asking and giving information; describing people; talking about feeling; telling the time; talking about daily activities; describing weather; talking about locations, asking for directions and giving directions, and talking about health.

Keterampilan Menyimak, Membaca

Membangun unsur pembiasaan dan kesenangan membaca serta kemampuan literasi

Setelah menyimak teks announcement dan notes/letters/email/notice, sederhana dan singkat melalui short recordings atau video singkat terkait dengan topik tertentu, contoh: at a railway station or in a shop, at school, hobbies, weather forecast, sport results, peserta didik mengidentifikasi teks tersebut sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. Kemudian peserta didik menentukan pernyataan yang didengar dengan pernyataan yang tersedia di sheet dengan berpikir kritis. Peserta didik membaca teks tersebut dengan pelan dan lafal yang jelas. Peserta didik diberi kesempatan membaca minimal 2 (dua) paragraf dari tulisan fiksi atau non fiksi sesuai dengan minatnya setiap hari dengan lafal yang jelas.

Keterampilan Menyimak, Menulis

Menyimak dan menyusun teks announcement dan notes/letters/email/notice

Peserta didik mengidentifikasi berbagai jenis teks tulis, lisan, dan/atau visual atau mutimodal sederhana terkait dengan announcement dan notes/letters/email/notice, sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan topik tertentu, contoh: at a railway station or in a shop, at school, hobbies, weather forecast, sport results. Setelah menyimak dan membaca teks, peserta didik menyimpulkan teks tersebut secara kritis. Peserta didik menyusun teks announcement dan notes/letters/email/notice terkait kehidupan sehari-hari.

Keterampilan Membaca

Memahami teks sederhana dalam bahasa Inggris

Peserta didik mengamati video atau gambar yang mengandung konteks sosial budaya dan kearifan lokal di Indonesia dalam bahasa Inggris yang bebas dari radikalisme, vandalisme, pornografi, bias gender, dan unsur SARA. Peserta didik mengidentifikasi isi teks dengan berpikir kritis/HOTS. Peserta didik membandingkannya dengan di daerah mereka masing- masing dengan menjelaskan pendapat mereka secara kritis.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui ungkapan- ungkapan berdialog.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui membangun unsur pembiasaan dan kesenangan membaca serta kemampuan literasi.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui menyusun teks pengumuman, surat pribadi/nonformal, dan teks deskripsi.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui memahami teks sederhana.

Fokus Pembelajaran Bahasa Asing Lainnya Kelas 7

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Melakukan komunikasi lisan

Setelah menyimak teks lisan visual atau multimodal (gabungan dari tulis, lisan, dan visual) sederhana dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain) yang terkait kehidupan sekolah (jadwal pelajaran, liburan), peserta didik menirukan dengan benar. Kemudian peserta didik bergantian peran menggunakan ungkapan dialog tersebut dengan menunjukkan ekspresi dan sesuai dengan konteks dan kekhasan bahasa Asing lainnya.

Keterampilan Membaca

Membaca teks yang mengandung pemahaman lintas budaya

Peserta didik mengidentifikasi berbagai teks singkat tulis, lisan, visual atau multimodal (gabungan dari tulis, lisan, dan visual) dengan kosakata yang sederhana dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain). Kemudian peserta didik menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang terkait kehidupan sekolah. Peserta didik menyimpulkan isi teks.

Keterampilan Menulis

Menyusun kalimat sederhana

Peserta didik menulis kata, frasa, kalimat sederhana dalam bahasa Asing Lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain) dalam bentuk formulir, jadwal pelajaran, surat elektronik pendek, dan sosial media yang terkait kehidupan sekolah. Peserta didik menunjukkan hasil tulis mereka dengan cara membacanya di hadapan teman-teman.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Asing lainnya.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui membaca teks sederhana.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui menyusun kalimat sederhana.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)