Bahasa Kelas 11

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 11 meliputi keterampilan Menulis teks faktual dan mempresentasikan, Membuat naskah dan berpidato, Membaca, menulis surat formal dan non formal, Praktik berdebat serta keterampilan membaca dan menulis teks prosedur. Keterampilan bahasa Inggris meliputi Menceritakan kembali teks information report, Memahami teks narrative, Pembiasaan dan kegemaran membaca dan Praktik berdebat dalam bahasa Inggris.

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 11


Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11

Keterampilan Menulis, Berbicara

Menulis teks faktual dan mempresentasikan

Peserta didik mengidentifikasi fakta dari berbagai jenis teks tulis, lisan, visual atau multimodal (gabungan dari lisan, tulis, dan visual) berbasis digital dan/atau nondigital lalu menunjukkan contoh teks otentik atau semi otentik dalam konteks kehidupan sehari- hari. Peserta didik menggunakan lingkungan sekitar, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sumber informasi untuk menulis teks faktual dengan memperhatikan pengembangan paragraf yang baik. Hasil teks faktual dipresentasikan di depan kelas.

Keterampilan Menulis, Berbicara

Membuat naskah dan berpidato

Peserta didik membaca teks tulis, lisan, atau visual berbasis digital dan/atau non digital serta mengidentikasi kata-kata dan kalimat penting yang terdapat dalam teks tersebut. Peserta didik menyusun teks pidato dan mendemonstrasikan di depan kelas terkait dengan kepentingan ilmu pengetahuan, seni, dan budaya.

Keterampilan Membaca, Menulis

Membaca, menulis surat formal dan non formal

Peserta didik membaca teks tulis berupa surat formal dan non formal lalu mengidentifikasi struktur dan kalimatnya. Setelah menunjukkan ciri-ciri surat formal dan non formal, peserta didik menulis surat formal dan non formal sesuai dengan struktur teks yang logis dan efektif.

Keterampilan Menyimak, Berbicara

Praktik berdebat

Peserta didik menyimak teks lisan yang mengandung ungkapan-ungkapan komunikatif sesuai konteks lalu menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut dalam berkomunikasi dengan mitra bicara untuk berdebat. Peserta didik menyiapkan argumen-argumen debat sehingga mampu meyakinkan mitra debat dengan argumen yang kuat dan strategi yang tepat.

Keterampilan Membaca, Menulis

Teks prosedur

Peserta didik membaca teks digital dan/atau non digital yang membangun unsur pembiasaan dan kegemaran membaca. Peserta didik mengidentifikasi teks yang secara struktur dan kebahasaan merupakan teks yang abstrak, kompleks, seperti manual dan artikel ilmiah. Peserta didik menunjukkan ciri teks abstrak, kompleks, seperti manual dan artikel ilmiah serta menulis teks prosedur dengan menggunakan literasi dari berbagai jenis teks.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan menulis teks faktual serta berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat menengah (berpidato) dengan bahasa Indonesia secara lisan dan tulis untuk kepentingan ilmu pengetahuan, seni, dan budaya.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat menengah (menulis surat formal dan non formal) dengan bahasa Indonesia secara tulis.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat menengah (berdebat) dengan bahasa Indonesia secara lisan.
  • Menunjukkan rasa ingin tahu dan kemampuan memahami bacaan dengan menulis teks prosedur untuk memecahkan masalah yang kompleks.

Fokus Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 11

Keterampilan Menyimak, Berbicara

Menceritakan kembali teks information report

Peserta didik mengidentifikasi berbagai jenis teks information report (e.g., project report, news reports) dalam konteks lingkungan sekitar, sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang otentik atau semi-otentik. Setelah menyimak teks information report dalam bahasa Inggris, peserta didik menceritakan kembali isi teks tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri secara lisan.

Keterampilan Menyimak, Menulis

Memahami teks narrative

Peserta didik menyimak video, radio, atau televisi berupa teks narrative (e.g., science fiction, contemporary realistic fiction) sederhana yang mengandung nilai-nilai budi pekerti nasional dan internasional dalam bahasa Inggris yang bebas dari radikalisme, vandalisme, pornografi, bias gender dan unsur SARA. Setelah menyimak, peserta didik mengkritisi teks yang didengar atau ditonton berupa tulisan fiksi atau non fiksi.

Keterampilan Membaca, Berbicara

Pembiasaan dan kegemaran membaca

Peserta didik membaca berbagai genre, termasuk teks yang sederhana dengan topik tertentu, contoh: experience and events, dreams, hopes, and ambition dan menceritakan kembali isi teks secara lisan serta secara singkat memberikan alasan dan penjelasan atas pendapatnya. Peserta didik diberi kesempatan membaca buku atau cerita yang berisi nilai karakter sesuai minatnya untuk membangun pembiasaan dan kegemaran membaca serta kemampuan literasi dasar.

Keterampilan Menyimak, Berbicara

Praktik berdebat

Peserta didik menyimak tindak tutur persuasif berdebat dalam bahasa Inggris dalam konteks ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Peserta didik melafalkan tindak tutur persuasif berdebat tersebut dengan intonasi yang benar dan ekspresif. Setelah menyimak dan melafalkan, peserta didik bermain peran dalam berdebat dengan menggunakan tindak tutur persuasif. Peserta didik berpraktik berdebat sesuai dengan konteks dengan ekspresif.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui menceritakan kembali.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui memahami teks.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk pembiasaan dan kegemaran membaca.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam berdebat sesuai dengan intonasi yang benar dan ekspresif.

Fokus Pembelajaran Bahasa Asing Lainnya Kelas 11

Keterampilan Menyimak, Berbicara

Menyimak teks

Peserta didik menyimak berbagai teks tulis, lisan, visual atau multimodal (gabungan dari tulis, lisan, dan visual) sederhana dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain) baik otentik maupun semi otentik tentang tema kehidupan sehari-hari. Peserta didik bercerita dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain) kepada temannya terkait dengan tema kehidupan sehari-hari.

Keterampilan Membaca

Membaca teks

Setelah membaca teks-teks fungsional yang bermuatan pemahaman lintas budaya (cross cultural understanding) tentang tema kehidupan sehari-hari. Peserta didik menyimpulkan dan/atau menjelaskan informasi dengan kalimat sendiri dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain).

Keterampilan Menulis

Menulis sesuai dengan konteks

Peserta didik membaca contoh teks tulis berupa surat pribadi yang memuat pernyataan terima kasih atau permintaan maaf dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain).Peserta didik merangkai kata, frasa, kalimat, dan paragraf sederhana sesuai dengan konteks.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui menyimak teks.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui membaca teks.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui menulis sesuai dengan konteks.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)