Ekonomi Kelas 11

Fokus Pembelajaran Ekonomi Kelas 11 meliputi Lembaga Keuangan Indonesia; Manajemen dan Ekonomi Syariah; Koperasi Siswa; Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif.

Fokus Pembelajaran Ekonomi Kelas 11

Lembaga Keuangan Indonesia

Peserta didik mengkaji Lembaga Keuangan (LK) di Indonesia yang meliputi: LK Bank (seperti: Bank Sentral, Bank Umum, dan BPR); LK NonBank (seperti: pasar modal, perusahaan asuransi, pegadaian, dan leasing); serta Lembaga Regulasi Keuangan yang meliputi OJK dan LPS. Langkah yang ditempuh adalah mencari informasi melalui internet/buku teks/sumber belajar lain, dan bila perlu diperkuat dengan studi lapangan ke LK yang terkait, dan melakukan praktik memanfaatkan produk LK tersebut. Kemudian mereka diminta mendiskusikan informasi yang diperoleh, dan selanjutnya mempresentasikan hasil diskusinya di dalam kelas untuk memperoleh simpulan tentang kajiannya. Berdasarkan presentasi ini peserta didik melakukan penyempurnaan atas ringkasan hasil diskusinya.

Manajemen dan Ekonomi Syariah

Peserta didik mengkaji dan membuat ringkasan tentang pengertian, prinsip, unsur, fungsi, dan bidang manajemen bisnis, kemudian menganalisis pentingnya manajemen dalam dunia bisnis, serta tentang pengertian, prinsip kegiatan ekonomi, transaksi produk barang/jasa halal, lembaga keuangan, dan lembaga amil zakat yang berlandaskan ajaran agama Islam, yang dikenal dengan ekonomi syariah. Langkah yang ditempuh adalah dengan mencari informasi melalui internet/buku teks/sumber belajar lain, dan membuat ringkasan. Selanjutnya secara acak peserta didik diminta mempresentasikan dan mendiskusikan hasil ringkasannya di dalam kelas. Berdasarkan hasil presentasi ini, peserta didik melakukan penyempurnaan ringkasan dan hasil diskusinya.

Koperasi Siswa

Peserta didik mengkaji dengan mencari informasi melalui internet/buku teks/sumber belajar lain dan membuat ringkasan tentang konsep pokok koperasi siswa yang meliputi: pengertian, asas, tujuan, bidang usaha, perangkat organisasi, dan permodalan, serta cara mendirikan koperasi siswa. Kemudian secara acak peserta didik diminta mempresentasikan dan mendiskusikan hasil ringkasannya untuk mendapatkan simpulan tentang konsep pokok koperasi siswa tersebut. Berdasarkan presentasi dan diskusi ini mereka melakukan penyempurnaan ringkasannya. Di samping itu, peserta didik juga diminta melaksanakan simulasi cara mendirikan koperasi siswa.

Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

Peserta didik diperkenalkan pada contoh wirausahawan-wirausahawan sukses, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kemudian mereka mengidentifikasi kiat- kiat menjadi wirausahawan sukses, dan membuat ringkasannya. Guru menjelaskan cara menyusun business plan, dilanjutkan peserta didik berlatih menyusun business plan berskala mikro atau kecil, kemudian peserta didik melakukan praktik wirausaha dan ekonomi kreatif berskala mikro atau kecil, dan menyusun laporan hasil praktiknya. Laporan hasil praktik secara acak dipresentasikan dan didisikusikan di dalam kelas untuk mendapatkan simpulan tentang business plan dan pelaksanaan praktik yang terbaik.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memiliki pengetahuan tentang LK di Indonesia dan keterampilan memanfaatkan produk LK yang terkait, sehingga menyadari pentingnya peran LK dalam lalu lintas keuangan untuk mendukung laju perekonomian nasional. Dari sini akan tumbuh sikap nasionalis, serta disiplin dan tanggung-jawab terhadap kepentingan orang lain.
  • Memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep pokok manajemen bisnis, dan menyadari pentingnya manajemen dalam bisnis. Di samping itu juga memiliki pengetahuan tentang konsep dasar ekonomi syariah, sehingga memiliki landasan untuk bertindak ekonomi secara rasional dan bermoral, berdasarkan ajaran agama.
  • Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar koperasi siswa, dan keterampilan mendirikan koperasi siswa. Dari sini akan tumbuh motivasi berkoperasi.
  • Memiliki pengetahuan tentang kiat-kiat menjadi wirausahawan sukses, memiliki keterampilan menyusun business plan berskala mikro atau kecil, sekaligus merealisasikan ekonomi kreatif. Dari sini akan berkembang jiwa dan motivasi, sekaligus keterampilan berwirausaha.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)