Biologi Kelas 12

Fokus Pembelajaran Biologi Kelas 12 meliputi Struktur dan fungsi jaringan, Struktur dan fungsi materi genetik serta Hereditas dalam pewarisan sifat.

Fokus Pembelajaran Biologi Kelas 12

Struktur dan fungsi jaringan

Memahami struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, hewan vertebrata dan manusia, serta memahami organ dan sistem organ

Siswa memahami struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, termasuk pembagian kelompok jaringan meristem dan permanen, serta anatomi organ tumbuhan (batang, akar, daun). Siswa juga memahami struktur dan fungsi jaringan pada hewan vertebrata dan manusia, yaitu jaringan epitel, otot, ikat dan syaraf. Siswa juga memahami organ yang merupakan kumpulan dari berbagai jenis jaringan yang terorganisasi dalam fungsi tertentu, dan sistem organ yaitu gabungan dari berbagai organ untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh, yang meliputi sistem rangka, otot, pencernaan, pernapasan, peredaran darah, syaraf, reproduksi, endokrin dan ekskresi. Pemahaman siswa dapat dilakukan melalui pengamatan koleksi specimen atau melalui pengamatan pada kegiatan praktikum menggunakan sampel tumbuhan atau hewan uji. Selain itu, dapat pula dilakukan pengamatan struktur dan fungsi dari sampel tumbuhan atau hewan uji menggunakan mikroskop pada kegiatan praktikum atau menggunakan referensi berupa media tulis, visual, atau elektronik seperti jurnal, situs di internet atau video.

Struktur dan fungsi materi genetik

Memahami struktur dan fungsi materi genetik

Siswa memahami struktur dan fungsi materi genetik, termasuk struktur dan fungsi DNA, RNA, gen, kromosom, dan memahami proses replikasi DNA, dengan menggunakan referensi berupa media tulis, visual, atau elektronik seperti jurnal, situs di internet atau video. Untuk pemahaman gen dan kromosom, dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan golongan darah atau bentuk dan warna rambut atau bentuk hidung dari keluarga siswa.

Hereditas dalam pewarisan sifat

Memahami dasar dan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat-sifat induk pada turunannya

Siswa memahami dasar dan prinsip hereditas (pewarisan sifat), Hukum Mendel, termasuk kode genetik, proses sintesis protein, mitosis dan meiosis, peran materi genetik dalam pewarisan sifat, dan mutasi, serta pewarisan sifat yang terkait dengan gen-gen abnormal yang terpaut kromosom manusia. Pemahaman dapat dilakukan melalui penggunaan media tulis, visual, atau elektronik seperti jurnal, situs di internet atau video. Siswa mengamati proses pembelahan sel melalui preparat jadi yang disiapkan oleh guru. Pemberian tugas juga dilakukan untuk memahami pewarisan sifat dengan membuat pohon keluarga dan ciri- ciri yang diturunkan pada anggota keluarga. Siswa melakukan percobaan sederhana berupa simulasi persilangan biji buah dengan dua warna yang berbeda dengan menerapkan Hukum Mendel I dan II, lalu menjelaskan hasil persilangannya melalui presentasi di depan kelas.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa menunjukkan pemahaman pengetahuan terkait materi tersebut dan siswa juga mampu memanfaatkan teknologi informatika dalam mempelajari dan memahami materi yang lebih mendalam melalui situs di internet, jurnal atau video. Selain itu siswa juga mampu mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah yang kompleks
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)