Matematika

Sebelum mereka-cipta pembelajaran matematika, tiap guru perlu mengenali muatan matematika apa saja yang penting di tiap kelas. Muatan atau topik matematika yang penting di sini dapat menjadi jangkar untuk pembelajaran sepanjang tahun.

Fokus Pembelajaran Matematika

Sebelum mereka-cipta pembelajaran matematika, tiap guru perlu mengenali muatan matematika apa saja yang penting di tiap kelas. Muatan atau topik matematika yang penting di sini dapat menjadi jangkar untuk pembelajaran sepanjang tahun. Khususnya, setelah mengetahui gagasan matematika mana yang perlu memperoleh penekanan serta terkait kuat ke pengetahuan lain, guru dapat merancang rangkaian kegiatan belajar mengajar yang lebih terstruktur dan kuat keterhubungan antar topiknya. Dengan begitu, dapat diharapkan pelajar menemukan pesan besar dari matematika di kelas tersebut dan kemudian mengembangkannya lebih lanjut. Berangkat dengan pemikiran seperti itu, dokumen fokus atau pumpunan matematika ini disiapkan dan disusun.

Dokumen ini bukan saja akan membantu guru dan sekolah untuk menyusun kerangka/organisasi program belajar mengajar sepanjang tahun, tetapi juga akan membantu guru lebih terarah dalam mendesain evaluasi pembelajarannya. Akibatnya, pembahasan matematika yang memang perlu mendapat penekanan, karena memiliki keterkaitan dengan topik di kelas lebih tinggi, pasti akan dievaluasi secara seksama. Ini akan memberikan gambaran kemajuan belajar matematika tiap pelajar yang lebih utuh dan andal.

Dalam kegiatan doing mathematics atau bermatematika, pelajar bukan saja membangun pengetahuan matematikanya, tetapi juga, sama pentingnya, pelajar mengasah keterampilan dirinya, seperti bernalar, berkomunikasi, menerapkan, menyelesaikan masalah, dan lainnya. Dengan desain pembelajaran yang fokus pada topik atau gagasan inti, pelajar dapat memperoleh pengalaman bermatematika secara utuh serta bermakna.

Suatu topik dipilih dimasukkan dalam dokumen matematika ini karena dibutuhkan di kehidupan, terhubung pembelajaran tahun selanjutnya, dan memiliki keterkaitan konsep dengan pendidikan di tahun-tahun sebelumnya. Artinya, topik yang tak disertakan di dokumen ini tetap perlu dibelajarkan dengan seksama di kelas. Pelajar harus memberikan perhatian pada topik di luar dokumen ini yang sama sungguh-sungguhnya dengan topik yang ada di dalam dokumen ini. Kecuali itu, dalam penulisan dokumen ini, kenyataan kehidupan manusia modern yang sarat berkolaborasi dengan mesin sudah diperhatikan. Khususnya, budaya hidup berkomputer berdampak pada proses berkomunikasi di matematika yang menuntut solusi atau pernyataan matematika tak saja harus dapat dipahami manusia lain, tetapi juga dapat dipahami mesin. Ini memiliki konsekuensi bahwa tuntutan berbahasa dalam matematika harus lebih runtun, sistematis, jelas, dan lugas.

Dokumen pumpunan matematika ini bermanfaat bagi sekolah dengan pendekatan pengajaran apapun, karena dokumen ini memberikan kebebasan yang luas pada guru dan sekolah guna mengembangkan strategi pembelajarannya sendiri. Dokumen ini mendata pengetahuan dan keterampilan matematika apa yang perlu dijadikan fokus. Harapan akhirnya, dengan memanfaatkan dokumen ini, guru terbantu untuk merancang pengalaman belajar dengan memperhatikan gagasan besar sebagai kerangkanya.