Fisika Kelas 11

Fokus Pembelajaran Fisika Kelas 11. Mekanika Fluida. Getaran, Gelombang Mekanik dan Gelombang Cahaya. Suhu dan Kalor, Termodinamika dan Teori Kinetika Gas. Elektrostatika, Elektrodinamis dan Sifat Kemagnetan

Fokus Pembelajaran Fisika Kelas 11

Mekanika Fluida

Pengembangan pemahaman sifat fluida statis dan fluida dinamis

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang tekanan fluida statis dan gaya apung yang dialami benda yang berada di dalam fluida statis untuk menganalisis keadaan fisis benda yang berada di dalam fluida statis maupun situasi fisis fluida statis dan mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang persamaan kontinuitas dan hukum Bernoulli pada fluida dinamis untuk menganalisis keadaan fisis fluida dinamis seperti debit dan transfer energi kinetik dan energi potensial.

Getaran, Gelombang Mekanik dan Gelombang Cahaya

Pengembangan pemahaman sifat- sifat gelombang beserta aplikasinya dalam teknologi

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang getaran dan gelombang untuk menganalisis gejala-gejala getaran dan gelombang seperti osilasi harmonis sistem pegas-massa, ayunan sederhana, osilasi terpaksa dan resonansi, gelombang mekanik pada tali, dan gelombang bunyi. Analisis mencakup frekuensi, laju, energi dan daya gelombang. Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang sifat-sifat cahaya, seperti pemantulan pada berbagai bentuk cermin dan pembiasan pada berbagai lensa yang diperolehnya baik melalui percobaan maupun melalui pembelajaran di kelas untuk diaplikasikan pada alat- alat optik seperti kacamata, mikroskop, teropong, dan kamera.

Suhu dan Kalor, Termodinamika dan Teori Kinetika Gas

Pengembangan pemahaman keadaan makroskopik dan mikroskopik akibat perubahan suhu dan kalor dalam sistem

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang tinjauan makroskopik dan mikroskopik suatu zat untuk menganalisis keadaan fisis zat dan mengaplikasikannya pada kehidupan sehari- hari. Tinjauan makroskopik mencakup suhu, tekanan, volume, serta kalor, usaha dan energi internal maupun persamaan keadaan gas ideal. Tinjauan mikroskopik mencakup kinetika partikel-partikel penyusun gas dan kaitannya dengan besaran-besaran makroskopik gas seperti tekanan dan suhu.

Elektrostatika, Elektrodinamis dan Sifat Kemagnetan

Pengembangan pemahaman gejala-gejala kelistrikan dan kemagnetan

Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang gejala-gejala kelistrikan dan kemagnetan untuk menganalisis persoalan-persoalan kelistrikan dan kemagnetan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep dan prinsip yang berkaitan dengan elektrostatika mencakup hukum Coulomb, konsep medan listrik, kuat medan listrik oleh dua atau lebih partikel bermuatan listrik, potensial listrik dan energi potensial listrik, hukum Gauss dan penggunaannya pada distribusi muatan kontinu serta kapasitor dan bahan dielektrik. Pemahaman konsep dan prinsip yang berkaitan dengan elektrodinamika mencakup gerak partikel bermuatan listrik dalam daerah bermedan listrik dan medan magnet (gaya Lorentz), gaya magnet pada kawat berarus listrik, dan efek Hall. Pemahaman konsep dan prinsip yang berkaitan dengan kemagnetan mencakup medan magnet di sekitar kawat berarus listrik (hukum Biot and Savart), dipol magnet, gaya gerak listrik induksi (Hukum Faraday dan Lenz), dan bahan magnetic.

Pemahaman konsep dan prinsip di atas dapat diperoleh melalui percobaan dan pembelajaran di kelas.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa menunjukkan semakin tumbuh kembang rasa ingin tahu dan kegemaran memecahkan masalah fisika lebih sulit dengan pendekatan matematis dan logis. Kegemaran siswa terhadap matematika, ilmu pengetahuan, teknologi, untuk memecahkan masalah-masalah yang kompleks semakin meningkat.
  • Siswa menunjukkan sikap cakap, terampil, kreatif, produktif, inovatif, mandiri, komunikatif dalam berperilaku di lingkungan hingga tingkat nasional dan internasional
  • Siswa berperilaku jujur, berakhlak mulia, beriman, takwa dan mencintai tanah air.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)