Informatika SMA/MA

Fokus Pembelajaran Informatika Tingkat IV (Kelas 10–12)

Pendidikan informatika di SMA memberi kesadaran hidup bermasyarakat yang positif dan kontributif di dunia digital, membekali kemampuan dasar komputasi dan berpikir komputasi, serta melatih kemampuan pemrograman dasar dan dasar-dasar informatika. Siswa sepenuhnya sadar akan potensi positif dan negatif dunia digital. Siswa dapat membuat kontribusi positif, mengapresiasi karya orang lain, dan selektif dalam berinteraksi dengan berita online. Siswa diajak untuk berkontribusi positif di dunia online (misal: id.quora.com, ell.stackexchange.com). Siswa mengidentifikasi dan menghindari perundungan. Siswa mengapresiasi perkembangan teknologi, dampaknya pada masyarakat, dan cara kerja kolaboratif. Siswa juga mencoba menjadi content creator dengan memperhatikan kewaspadaan dan etika. Siswa mampu meng-atribusi komponen karya orang lain. Siswa melihat bahwa internet dibangun dengan kolaborasi bersama. Siswa mempelajari aspek-aspek umum komputasi seperti abstraction dan separation of concerns.

Siswa mendemonstrasikan pemahaman prinsip kerja komputer, interaksi antar komponen, dan prinsip kerja jaringan komputer. Siswa mendemonstrasikan kemampuan penggunaan aplikasi perkantoran (pengolah kata, pengolah angka, presentasi). Siswa mampu menggunakan aplikasi pengolah gambar bitmap, gambar, vektor, dan video. Siswa dapat mengambil data dari internet, menganalisisnya untuk mendapatkan informasi bermanfaat, dan membuat presentasinya. Presentasi bahkan bisa dilakukan dengan membuat video dan lalu mengunggahnya di YouTube.

Aspek etika dan kesaran dan aspek pengetahuan dan ketrampilan pada beberapa materi sudah menjadi satu. Ketrampilan siswa pada tingkat SMA pada umumnya sudah pada level proficient, sehingga pendampingan dari sisi etika dan kewaspadaan lebih ditekankan. Berpikir komputasi dan pemrograman/struktur data mulai menjadi satu di SMA. Ketrampilan pemrograman berbasis teks (misal memakai Python) dipakai untuk menuangkan gagasan komputasional. Muatan berpikir komputasi berikut diberikan secara teori dan permainan, sekaligus dicoba diprogram di komputer.

  • Algorithm discovery: pencarian maksima. Siswa membuat program di komputer untuk mendemonstrasikannya
  • Permainan tebak angka biner. Siswa membuat program permainan ini di komputer
  • Permainan sorting network
  • Algorithm discovery: bubble sort, insertion sort, selection sort. Siswa memprogram komputer serta merancang strategi untuk membandingkan efisiensinya di antaranya.
  • Aspek komputasi modern: representasi biner, representasi citra biner, kriptografi, deteksi error, kompresi teks, teori graf. Siswa memprogram komputer untuk mewujudkannya.

Pada tingkat ini siswa mampu menggunakan ketrampilan pemrograman untuk membantu pembelajaran di mata pelajaran lain. Misal, siswa membuat plot fungsi matematika menggunakan Python. Siswa juga dapat membuat laporan menggunakan konstruk HTML dan CSS.

Sebuah catatan terkait penyampaian: jika dirasa perlu, guru dapat menyampaikan materi dari kelas yang lebih bawah, demi pemahaman yang lebih utuh di sisi siswa.


Informatika Kelas 10

Fokus pembelajaran informatika kelas 10 meliputi Menjadi warga digital yang waspada dan sadar hukum; Memahami sifat informasi, cara kerja komputer, cara kolaborasi, dan memulai analisis data; Mengembangkan kemampuan berpikir algoritmis dan menghayati aspek berpikir komputasi modern

Informatika Kelas 11

Fokus pembelajaran informatika kelas 11 meliputi Melindungi diri, teman, dan keluarga dari perundungan dan dari berita negatif; Memahami konsep abstraksi dalam komputer, dalam pengembangan perangkat lunak, dan dalam kehidupan sehari-hari; Memahami konsep object dan struktur data, dan mengenal database;

Informatika Kelas 12

Fokus pembelajaran informatika kelas 12 meliputi Mendiskusikan progresi teknologi dan dampaknya pada cara hidup masyarakat, serta kesadaran data sensitif; Kolaborasi pengetahuan dan konten positif, serta analisis data; Mengkaitkan berpikir komputasi dengan dunia komputasi yang nyata; Pemrograman mendukung berpikir komputasi dan pelajaran lain

Last modified June 17, 2022: informatika sma (c4c0919)