Bahasa Kelas 5

Fokus pembelajaran bahasa kelas 5 meliputi keterampilan Menyimak cerita menulis isi cerita, dan menyampaikan secara lisan, Membaca dan menyusun kalimat lalu bermain peran, Menulis surat undangan dan surat pribadi, Menyusun kalimat dalam bahasa Indonesia. Melakukan komunikasi lisan sesuai dengan konteks, Membaca lancar dan menyalin, Membaca dan menyalin poetry dalam Bahasa Inggris.

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 5


Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5

Keterampilan Menyimak, Berbicara

Menyimak cerita menulis isi cerita, dan menyampaikan secara lisan

Peserta didik menyimak cerita atau video yang memuat empat sikap sosial: percaya diri, jujur, kritis, dan tanggung jawab. Secara kreatif peserta didik menuliskan keempat sikap sosial tersebut dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi. Hasil tulisan diceritakan kembali secara lisan.

Keterampilan Membaca, Menulis, berbicara

Membaca dan menyusun kalimat lalu bermain peran

Melalui tugas yang diberikan guru, peserta didik menyusun potongan-potongan teks menjadi sebuah cerita yang runtut dalam bentuk dialog. Berdasarkan cerita yang telah disusun, peserta didik bermain peran bersama temannya baik laki-laki maupun perempuan. Peserta didik menghayati peran yang dimainkan.

Keterampilan Membaca, Menulis

Menulis surat undangan dan surat pribadi

Peserta didik membaca beberapa contoh surat undangan dan surat pribadi serta menyebutkan unsur surat dan fungsinya dalam kegiatan komunikasi. Peserta didik menulis surat undangan’ dan ‘surat pribadi’ sesuai konteks.

Keterampilan Membaca-Menulis, Menyimak-Berbicara

Menyusun kalimat

Melalui teks tulis dan lisan yang dibaca dan/ atau disimak, peserta didik menentukan gagasan dan menata gagasan secara runtut dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Peserta didik menyusun pola kalimat lengkap sederhana (SPOK, KSPO) serta mempresentasikan hasilnya di depan kelas.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kebiasaan menyimak, menulis, bercerita secara kreatif baik fiksi maupun nonfiksi dalam komunikasi lisan maupun tulis.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat dasar dengan bahasa Indonesia secara lisan dan tulis dalam interaksi sehari-hari.
  • Peserta didik menunjukkan rasa ingin tahu dan kegemaran menulis sesuai konteks.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat dasar dengan bahasa Indonesia secara lisan dan tulis dalam interaksi sehari-hari.

Fokus Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 5

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Melakukan komunikasi lisan sesuai dengan konteks

Peserta didik menyimak teks lisan dan/atau visual dalam bahasa Inggris yang mengajarkan cara mengundang teman. Setelah menyimak, peserta didik meniru apa yang disimaknya. Peserta didik mempraktikkan komunikasi lisan sesuai konteks dalam bahasa Inggris.

Keterampilan Membaca, Menulis

Membaca lancar dan menyalin

Melalui teks tulis dan/atau visual berbahasa Inggris peserta didik (1) melafalkan bunyi bahasa sesuai dengan pengucapan secara benar; (2) mengenal kata, contoh: it’s, our, their, a/one thousand and one,…, a/one million; (3) membaca kalimat perintah, contoh: sit down, stand up, come here, dan sebagainya dengan lancar. Peserta menyalin kata dan kalimat sesuai dengan konteks.

Keterampilan Membaca

Membaca kalimat sederhana

Melalui teks tulis dan/atau visual sederhana peserta didik membaca cerita terkait dengan karakter yang menunjukkan sikap sosial peduli, disiplin, dan sebagainya. Peserta didik menunjukkan karakter tokoh secara kritis yang bebas dari radikalisme, vandalisme, pornografi, bias gender, dan unsur SARA.

Keterampilan Menyimak, Membaca, Menulis

Membaca dan menyalin poetry

Melalui teks tulis, lisan, visual atau multimodal, sederhana peserta didik menyimak poetry (e.g., rhymes, haiku) sesuai dengan konteks. Setelah menyimak, peserta didik membaca poetry dengan intonasi yang benar dan ekspresif. Kemudian peserta didik menyalin poetry tersebut dengan tepat.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi secara lisan sesuai dengan konteks dalam bahasa Inggris.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui membaca lancar dan menyalin.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui membaca kalimat sederhana.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui membaca dan menyalin poetry.

Fokus Pembelajaran Bahasa Asing Lainnya Kelas 5

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Menyimak dan berbicara sesuai dengan konteks

Peserta didik menyimak teks lisan dan visual singkat dengan kosaksata yang sederhana terkait topik keluarga dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain), baik otentik maupun semi otentik yang mengandung unsur permainan. Peserta didik melakukan percakapan di dalam permainan dengan kalimat singkat dan kosakata yang sederhana.

Keterampilan Membaca

Membaca teks sederhana

Peserta didik membaca paragraf teks tulis yang terdiri dari 3-5 (tiga hingga lima) kalimat singkat dengan pelafalan yang benar sesuai dengan kekhasan dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain) terkait topik keluarga. Peserta didik merespon komunikasi dengan baik.

Keterampilan Menulis

Menyusun kalimat sederhana

Peserta didik menyusun kata, frasa dan kalimat singkat dengan kosakata yang sederhana dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain- lain) terkait topik keluarga.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui menyimak dan berbicara melalui permainan.
  • Menunjukkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui membaca teks sederhana.
  • Menunjukkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui menyusun kalimat sederhana.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)