Sosiologi Kelas 11

Fokus Pembelajaran Sosiologi Kelas 11 meliputi Konformitas dan Penyimpangan Sosial; Kelompok sosial dan Organisasi; Konflik Sosial, Penyebab, dan Upaya Penyelesaian Konflik.

Fokus Pembelajaran Sosiologi Kelas 11

Konformitas dan Penyimpangan Sosial

Peserta didik melakukan analisis mengenai perilaku konformitas dalam lingkungan tempat tinggal/masyarakat sebagai perilaku yang sejalan dengan nilai dan norma yang berlaku; mengaplikasikan teori penyimpangan sosial dalam mengkaji fenomena dan penyebab perilaku menyimpang, melalui diskusi, pengamatan langsung dan tidak langsung, serta pengumpulan data dan informasi dari berbagai media.

Kelompok sosial dan Organisasi

Peserta didik mengkaji kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat (seperti kelompok primer, sekunder, acuan), dinamika kelompok, hubungan antar kelompok, permasalahannya yang muncul; menganalisis organisasi dalam masyarakat berupa tipe, karakteristik, perubahan, dan permasalahan yang muncul, melalui diskusi, pengamatan langsung dan tidak langsung, serta pengumpulan informasi dari berbagai literatur dan media.

Konflik Sosial, Penyebab, dan Upaya Penyelesaian Konflik

Peserta didik melakukan penelitian kecil melalui diskusi kelompok, review literatur, pembuatan rencana dan laporan penelitian, mengenai konflik sosial dalam masyarakat Indonesia dengan mengidentifikasi konflik sosial horisontal (antar kelompok etnik, agama, ras) dan/atau vertikal (antar kelas sosial), menganalisis penyebab terjadinya konfik seperti prasangka, stereotype, kecemburuan sosial, dan merumuskan usulan penyelesaian konflik.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan kebiasaan, pemahaman dan kepedulian pada permasalahan yang ada di masyarakat.
  • Menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah penyimpangan sosial, hubungan antar kelompok, dan konflik sosial.
  • Menunjukkan kebiasaan dan kesadaran untuk berperilaku kolaboratif, kreatif, dan inovatif dalam menyelesaikan masalah penyimpangan sosial, hubungan antar kelompok, dan konflik sosial.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)