IPS Kelas 7

Fokus Pembalajaran IPS Kelas 7 meliputi Wilayah NKRI dan Dinamika Hubungan Antarbangsa di Kawasan Asia Tenggara, Kehidupan Bangsa Indonesia pada Zaman Pra- aksara, Zaman Kerajaan Hindu/Buddha, dan Zaman Kesultanan Islam, Kelangkaan Sumber Daya, Kegiatan Ekonomi, dan Prinsip Ekonomi. Sikap Menghormati, Kerjasama, dan Solidaritas pada Masyarakat yang Beragam.

Fokus Pembalajaran IPS Kelas 7

Geografi, Sosiologi, dan Sejarah

Wilayah NKRI dan Dinamika Hubungan Antarbangsa di Kawasan Asia Tenggara

Peserta didik menjelaskan karakteristik wilayah NKRI meliputi batas, bentuk, luas, dan potensi wilayah, serta dinamika hubungan antarbangsa di kawasan Asia Tenggara melalui menyimak dan mendiskusikan peta, buku teks, dan sumber belajar lainnya, termasuk sumber belajar digital.

Sejarah, Geografi, dan Sosiologi

Kehidupan Bangsa Indonesia pada Zaman Pra- aksara, Zaman Kerajaan Hindu/Buddha, dan Zaman Kesultanan Islam

Peserta didik mendeskripsikan kehidupan bangsa Indonesia pada zaman pra-aksara, zaman Kerajaan Hindu-Buddha, zaman Kesultanan Islam, baik dimensi agama, politik, ekonomi, sosial, dan budaya melalui menyimak dan mendiskusikan peta, buku teks, dan sumber belajar lainnya, termasuk sumber belajar digital. Peserta didik mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan, baik tangible maupun intangible, dari masa pra- aksara sampai saat ini, yang ada di lingkungan sekitar. Peserta didik mengklarifikasi nilai-nilai inispirasi terkait perkembangan aksara-aksara lokal, Jawa Kuno, Pegon/Jawi, pengembangan budaya maritim dan agraris, serta perintisan nilai-nilai persatuan dan nilai-nilai toleransi pada zaman Kerajaan Hindu/Buddha dan Kesultanan Islam, melalui teknik klarifikasi nilai (value clarification technique).

Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi

Kelangkaan Sumber Daya, Kegiatan Ekonomi, dan Prinsip Ekonomi

Peserta didik menjelaskan pengertian dan makna kelangkaan sumber daya; menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya; mendeskripsikan kegiatan ekonomi yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat, baik kegiatan produksi, distribusi, maupun konsumsi; mendeskripsikan pelaku-pelaku kegiatan ekonomi yang ada di dalam lingkungan masyarakat; menganalisis makna prinsip ekonomi; serta terampil mencari contoh tentang aplikasi prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi sehari-hari, melalui diskusi dan bimbingan guru dalam pengenalan masalah, membuat pertanyaan terkait tema, mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data, serta menyusun laporan dan mempresentasikan di kelas dalam pembelajaran berbasis proyek (project based learning).

Sosiologi dan Sejarah

Sikap Menghormati, Kerjasama, dan Solidaritas pada Masyarakat yang Beragam

Peserta didik mendeskripsikan sikap dan perilaku saling menghormati, kerjasama, dan solidaritas yang terjadi di masyarakat yang beragam, baik melalui pengalaman secara langsung maupun dari media massa; mendeskripsikan sikap saling menghormati dan saling menghargai orang lain; menunjukkan contoh peristiwa sejarah yang menggambarkan sikap saling menghormati dan menghargai orang lain sehingga akan memperkuat solidaritas dan proses kerja sama; serta menganalisis pentingnya melakukan bekerja sama dengan suasana saling menghormati satu sama lain serta menjunjung tinggi solidaritas di lingkungan masyarakat yang beragam, melalui pengamatan secara langsung yang dilanjutkan dengan diskusi kelas. Peserta didik menghitung persentase masyarakat di wilayah tempat tinggalnya berdasarkan jenis kelamin, latar belakang suku, agama, tingkat pendidikan, dan pekerjaan, melalui diskusi kelompok dan bimbingan guru untuk mengumpulkan data serta mempresentasikannya di kelas.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap wilayah NKRI dan kaitannya dengan dinamika hubungan antarbangsa di Kawasan Asia Tenggara.
  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap sejarah bangsa Indonesia sejak zaman pra-sejarah, zaman Kerajaan Hindu/ Buddha, hingga zaman Kesultanan Islam.
  • Menunjukkan sikap apresiasi terhadap para pekerja serta menunjukkan kebiasaan hidup hemat dan belajar dengan tekun.
  • Menunjukkan kebiasaan saling menghormati, suka bekerjasama, serta solider dalam keberagaman masyarakat berdasarkan akhlak mulia.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)