Bahasa Kelas 1

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 1 meliputi melakukan komunikasi lisan sesuai konteks, membaca dan menulis permulaan, meniru/mencontoh teks yang dibacakan, mengenal kata, melafalkan kata yang terdiri atas dua hingga empat suku kata serta menyalin kata

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 1


Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Melakukan komunikasi lisan sesuai konteks

Peserta didik mempraktikkan contoh berbicara dari teks lisan atau video dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah yang mengajarkan cara mengucapkan salam, meminta maaf, berterima kasih, dan memperkenalkan diri. Peserta didik mengomunikasi contoh tersebut sesuai konteks secara terbuka.

Keterampilan Membaca dan Menulis

Membaca dan menulis permulaan

Melalui teks tulis, lisan, dan/atau visual berbahasa Indonesia dan bahasa daerah, peserta didik (1) mengenal huruf; (2) melafalkan bunyi bahasa; (3) mengenal kata; (4) membaca kata yang terdiri dari 2-4 (dua hingga empat) suku kata dan melafalkan kata secara tepat. Peserta didik membaca contoh yang sudah tersedia.

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Meniru/mencontoh teks yang dibacakan

Peserta didik menyimak teks yang dibacakan guru serta melafalkan kata dalam teks tulis dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Peserta didik menirukan teks lisan yang telah dibacakan secara mandiri.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kebiasaan berkomunikasi lisan secara sopan, santun, dan terbuka.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat dasar dengan bahasa Indonesia secara tulis dan lisan.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat dasar dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah secara lisan.

Fokus Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Melakukan komunikasi lisan sesuai dengan konteks

Peserta didik menyimak teks lisan dan/atau visual dalam bahasa Inggris yang mengajarkan cara mengucapkan salam, menanyakan kabar, dan mengucapkan salam perpisahan. Setelah menyimak, peserta didik meniru apa yang disimaknya. Peserta didik mempraktikkan komunikasi lisan sesuai konteks dalam bahasa Inggris.

Keterampilan Membaca

Membaca permulaan

Melalui teks tulis dan/atau visual berbahasa Inggris peserta didik (1) mengenal dengan mengeja huruf seperti: alfabet (A-M); (2) melafalkan bunyi bahasa; (3) membaca kata yang terdiri atas 1-2 (satu hingga dua) suku kata; (4) mengenal kata. Peserta didik membaca dan mengeja kata tersebut dengan bermain dan bernyanyi.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi secara lisan sesuai dengan konteks dalam bahasa Inggris.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui membaca dan mengeja.

Fokus Pembelajaran Bahasa Asing Lainnya Kelas 1

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Mengenal kata

Melalui teks lisan dan visual sederhana, peserta didik menyimak setiap bunyi huruf, kata dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain- lain), kemudian melafalkan bunyi huruf, kata dengan pelafalan yang benar sesuai dengan kekhasan bahasa Asing lainnya.

Keterampilan Membaca

Melafalkan kata yang terdiri atas dua hingga empat suku kata

Peserta didik mengucapkan huruf, kata yang terdiri atas 2-4 suku kata dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain) dengan pelafalan yang benar sesuai dengan kekhasan bahasa Asing lainnya.

Keterampilan Menulis

Menyalin kata

Melalui teks tulis, lisan dan visual sederhana peserta didik menuliskan kata-kata yang telah dipelajari dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain). Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan cara menyalin kata per kata.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui mengenal huruf dan kata.
  • Menunjukkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui melafalkan huruf dan kata dengan benar.
  • Menunjukkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui menyalin kata dalam bahasa Asing lainnya dengar benar.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)