IPS Kelas 1

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 1 meliputi pemahaman tentang Lingkungan Tempat Tinggal, Asal-usul Diri, Keluarga, Perjuangan Tokoh di Lingkungan Keluarga, Kebutuhan dan Barang / Jasa sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 1

Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi

Lingkungan Tempat Tinggal

Peserta didik mengenali diri dan lingkungan keluarga sebagai lokasi tempat tinggal; menjelaskan denah rumah yang mencakup jenis-jenis ruang yang terdapat di lingkungan rumah, batas-batas rumah sesuai mata angin, serta rumah-rumah lain di lingkungan teman sepermainan; menjelaskan pentingnya teman dan tetangga sebagai bagian dari kehidupannya, melalui pemanfaatan media chart dan tanya jawab, serta melakukan pengamatan langsung maupun tidak langsung terhadap sumber belajar lainnya yang tersedia. Peserta didik menghitung jumlah anggota keluarganya, baik berdasarkan jenis kelamin dan secara keseluruhan melalui diskusi kelompok dan bimbingan guru untuk mengumpulkan data serta mempresentasikannya di kelas.

Sejarah dan Sosiologi

Asal-usul Diri, Keluarga, Perjuangan Tokoh di Lingkungan Keluarga

Peserta didik mengidentifikasi asal-usul nenek-moyang kepada keluarga terdekat untuk membuat bagan silsilah keluarga besarnya, memanfaatkannya untuk menjelaskan posisinya pada bagan silsilah keluarganya, serta menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan penting di lingkungan keluarganya, seperti: ayah, bunda, kakak, kakek, nenek, paman, bibi, dan sebagainya; setta menjelaskan pentingnya mengapresiasi dan meneladani peran tokoh-tokoh penting di lingkungan keluarganya, melalui pengamatan dan tanya jawab secara langsung dengan tokoh-tokoh yang da di lingkungan keluarga.

Ekonomi dan Sosiologi

Kebutuhan dan Barang/ Jasa sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan

Peserta didik mengidentifikasi jenis-jenis kebutuhan dan barang maupun jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan keluarga. Hal ini dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap kehidupan keluarganya dan/atau tanya jawab dengan orang-tuanya untuk mendapatkan informasi tentang jenis-jenis barang/jasa yang dibutuhkan dan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Kemudian secara acak mereka diminta mempresentasikan di kelas atas informasi yang diperolehnya. Dari presentasi ini kemudian guru menghubungkan jenis barang/jasa dengan jenis kebutuhan (primer/sekunder/tersier, atau jenis-jenis kebutuhan yang lain).

Sosiologi dan Sejarah

Diri, Keluarga, Masyarakat, serta Nilai dan Norma yang Berlaku di Lingkungan Masyarakat

Peserta didik menjelaskan bahwa dirinya merupakan individu yang unik dan sebagai bagian dari keluarga inti dan keluarga besarnya; mendeskripsikan keberadaan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang lebih luas; serta menjelaskan bahwa perilakunya diatur berdasarkan sistem nilai dan norma yang berlaku, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat sekitar, melalui pengamatan terhadap perilaku yang mengandung nilai dan norma yang berlaku di lingkungan keluarga yang ditindaklanjuti dengan tanya jawab di kelas.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap lingkungan tempat tinggalnya.
  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap asal-usul diri, keluarga, serta perjuangan tokoh-tokoh di lingkungan keluarga.
  • Menunjukkan sikap apresiasi terhadap para pekerja serta menunjukkan kebiasaan untuk hidup hemat.
  • Menunjukkan kebiasaan berinteraksi secara baik, sopan, dan terbuka dalam keberagaman masyarakat berdasarkan akhlak mulia.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)