IPA Kelas 4

Mengenal sifat, wujud benda dan pengelompokan bahan kimia sehari-hari. Pemahaman jenis/bentuk dan sumber energi. Mengenal fenomena alam. Mengenal ciri-ciri dan habitat makhluk hidup. Mengenal dan mengamati keanekaragaman hayati dan budaya serta pelestarian lingkungan.

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 4

IPA (Fisika, Kimia), Wujud benda dan bahan kimia

Mengenal sifat, wujud benda dan pengelompokan bahan kimia sehari-hari

Siswa dikenalkan perubahan wujud dan sifat benda akibat perubahan temperatur serta melakukan pengelompokan benda-benda di lingkungan sekitar sesuai sifat dan wujud benda.

Siswa belajar mengenali bahan-bahan kimia yang ada di sekitar mereka dari segi jenis, sifat-sifat, kegunaan, serta bahayanya dari setiap bahan yang ada ada di sekitar mereka. Dengan menggunakan berpikir tingkat tinggi, siswa belajar menjelaskan bahwa bahan- bahan yang terdapat disekitar mereka merupakan “materi” dan semua materi terdiri dari bahan-bahan kimia. Siswa belajar mengelompokkan bahan kimia menjadi bahan kimia alami dan bahan kimia sitesis (buatan). Siswa mengamati bahan-bahan kimia yang ada di rumah dan mengelompokkan bahan-bahan kimia tersebut berdasarkan penggunaannya.

IPA (Fisika), Sumber energi

Pemahaman jenis/bentuk dan sumber energi

Siswa dikenalkan jenis/bentuk, sumber energi di lingkungan sekitar. Kemudian melakukan pengamatan perubahan energi dari bentuk energi yang satu menjadi bentuk energi lainnya, energi alternative, manfaat dari perubahan energi serta dilatih bagaimana melakukan penghematan energi.

IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Bencana Alam

Mengenal fenomena alam

Siswa menunjukkan kemampuan mengamati dan menjelaskan fenomena (gejala) biologi sederhana di sekitarnya. Siswa menggunakan pemahaman tersebut untuk mengamati dan menjelaskan fenomena alam yang terjadi secara global seperti perubahan iklim dan pemanasan global serta dampaknya terhadap makhluk hidup secara sederhana. Siswa memahami isu-isu berkaitan dengan IPA (biologi, kimia, dan fisika) terkini seperti wabah pandemi dan epidemi.

Siswa mengenal dan mampu menunjukkan fenomena-fenomena IPA umum di sekitarnya baik manfaatnya maupun kerugiannya, seperti pertumbuhan makhluk hidup, perubahan iklim, pemanasan global, gerhana, banjir, gempa bumi, gunung meletus, tsunami, dan wabah penyakit.

IPA (Biologi), Habitat

Mengenal ciri-ciri dan habitat makhluk hidup

Siswa menunjukkan kemampuan mengklasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri morfologi dan habitatnya. Siswa menggunakan pemahaman tersebut dengan mengamati keanekaragaman dan habitat mahluk hidup di sekitar rumah atau sekolah, ke kebun binatang, atau ke museum.

IPA (Biologi), Keanekaragaman hayati dan pelestarian lingkungan

Mengenal dan mengamati keanekaragaman hayati dan budaya serta pelestarian lingkungan

Siswa menggunakan pemahaman pada Fokus Pembelajaran 4 untuk mengenali dan mengamati pemanfaatan keanekaragaman hayati dalam budaya masyarakat di Indonesia. Siswa mengajak teman dan keluarga melakukan eksplorasi di rumah dan sekitarnya, ke kebun binatang atau ke museum. Siswa mampu menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia dan lingkungan, dengan memberikan contoh kerusakan hutan, pencemaran sungai, atau kerusakan lingkungan disekitarnya serta dampak yang ditimbulkannya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa memiliki kecakapan dan berilmu, rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, budaya menjadi tumbuh kembang.
  • Siswa menunjukkan kebiasaan peduli lingkungan alam dan social, serta tertanam kebiasaan hidup sehat hemat energi.
  • Siswa memiliki kebiasaan hidup gotong-royong (kolaborasi), adaptif, mandiri, kreatif, produktif, dan inovatif, respek, serta bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
  • Siswa menunjukkan rasa cinta tanah air, bangsa dan negara, serta tumbuh rasa tanggungjawab dalam menjaga kelestarian kekayaan hayati Indonesia.
  • Siswa menunjukkan kebiasaan berperilaku mengagungi pencipta alam semesta, beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)