Bahasa Kelas 2

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 2 meliputi Menyimak dan menulis 2-4 (dua hingga empat) suku kata, Melakukan komunikasi lisan sesuai konteks, Menyimak bacaan dan menyampaikan isinya, Menulis kata dan menceritakan kembali, Menirukan teks yang dibaca

Fokus Pembelajaran Bahasa Kelas 2


Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Melakukan komunikasi lisan sesuai konteks

Peserta didik menyimak video, teks lisan dan/atau visual dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang mengajarkan memuji teman, mengundang teman, memberi dan menerima pesan, meminta tolong serta menangkap pesan yang disampaikan dalam teks. Komunikasi lisan dipraktikkan sesuai konteks secara terbuka.

Keterampilan Menyimak, Berbicara

Menyimak bacaan dan menyampaikan isinya

Peserta didik menyimak video, bacaan, lisan, dan/atau visual yang mengandung aspek sikap sosial seperti: peduli, santun, percaya diri, jujur, disiplin, kritis, tanggung jawab, dan menemukan aspek sikap sosial dari apa yang telah disimak. Hasil simakan disampaikan secara lisan.

Keterampilan Menulis dan Berbicara

Menulis kata dan menceritakan kembali

Peserta didik membaca teks tulis, dan/atau visual berbahasa Indonesia dan bahasa daerah serta menuliskan 3-5 (tiga hingga lima) kata dari apa yang telah dibaca. Kata yang telah dituliskan kemudian dijelaskan maknanya secara lisan. Peserta didik menceritakan kembali dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Keterampilan Membaca, Menulis, Berbicara: Mengapresiasi sastra (cerita rakyat) Peserta didik membaca cerita rakyat (dongeng, hikayat) sesuai dengan usianya dan mengungkapkan isi cerita. Aktivitas dilanjutkan dengan mengapresiasi sastra secara lisan dan tulis serta menyampaikan hikmah (amanat) yang dapat diteladani dari cerita tersebut.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kebiasaan berkomunikasi lisan secara sopan, santun, dan terbuka.
  • Menunjukkan kebiasaan hidup terkait dengan aspek sosial secara mandiri yang bermanfaat bagi dirinya.
  • Menunjukkan kebiasaan dan kegemaran membaca dan menulis dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah.
  • Menunjukkan kebiasaan mengapresiasi karya sastra cerita rakyat.

Fokus Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 2

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Melakukan komunikasi lisan sesuai dengan konteks

Peserta didik menyimak teks lisan dan/atau visual dalam bahasa Inggris yang mengajarkan cara meminta maaf dan berterima kasih. Setelah menyimak, peserta didik meniru apa yang disimaknya. Peserta didik mempraktikkan komunikasi lisan sesuai konteks dalam bahasa Inggris.

Keterampilan Membaca

Membaca permulaan

Melalui teks tulis dan/atau visual berbahasa Inggris peserta didik (1) mengenal dengan mengeja huruf seperti: alfabet (N-Z); (2) melafalkan bunyi bahasa; (3) membaca kata yang terdiri atas 2-4 (dua hingga empat) suku kata; (4) mengenal kata. Peserta didik membaca dan mengeja kata tersebut dengan bermain dan bernyanyi.

Keterampilan Menyimak dan Menulis

Menyimak dan menulis 2-4 (dua hingga empat) suku kata

Melalui teks lisan dan/atau visual sederhana dalam bahasa Inggris yang bebas dari radikalisme, vandalisme, pornografi, bias gender, dan unsur SARA peserta didik meniru apa yang disimaknya. Setelah menyimak, peserta didik menuliskan 2-4 (dua hingga empat) suku kata dengan bermain interaktif.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi secara lisan sesuai dengan konteks dalam bahasa Inggris.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui membaca dan mengeja.
  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris melalui menulis kata.

Fokus Pembelajaran Bahasa Asing Lainnya Kelas 2

Keterampilan Menyimak dan Berbicara

Melakukan komunikasi lisan sesuai dengan konteks

Setelah menyimak teks lisan dan visual sederhana, peserta didik menirukan setiap ucapan lisan baik dari guru, video, atau rekaman lain dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain ) dengan pelafalan yang benar sesuai dengan kekhasan bahasa Asing lainnya dalam konteks mengucapkan salam, berterima kasih, memperkenalkan diri sendiri, dan meminta maaf kepada teman.

Keterampilan Membaca

Menirukan teks yang dibaca

Setelah guru membacakan teks, peserta didik bergantian menirukan bacaan teks sebanyak 3-4 (tiga hingga empat) kata dengan nyaring dan dengan pelafalan yang benar sesuai dengan kekhasan bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain). Peserta didik merespon komunikasi dengan baik.

Keterampilan Menulis

Menyalin kata

Setelah membaca teks tulis dan/atau visual sederhana, peserta didik menyalin kata-kata yang telah dipelajari dalam bahasa Asing lainnya (Arab, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin, Korea, dan lain-lain) secara tepat.

Sasaran Kompetensi yang diharapkan

  • Menunjukkan kemampuan berkomunikasi secara lisan sesuai dengan konteks dalam bahasa Asing lainnya.
  • Menunjukkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Asing lainnya dengan pengucapan yang benar.
  • Menunjukkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Asing lainnya melalui menyalin kata secara tepat.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)