Ekonomi Kelas 12

Fokus Pembelajaran Ekonomi Kelas 12 meliputi Konsep Dasar Akuntansi; Akuntansi Usaha Jasa; Akuntansi Usaha Dagang; Implementasi Akuntansi pada Koperasi Siswa.

Fokus Pembelajaran Ekonomi Kelas 12

Konsep Dasar Akuntansi

Peserta didik mengkaji konsep dasar akuntansi dengan mencari informasi tentang siklus akuntansi dan persamaan akuntansi, serta menganalisis peran teknologi informasi dalam akuntansi yang diperlukan untuk mengelola bisnis modern. Kemudian mereka diminta membuat ringkasan sesuai dengan panduan yang diberikan oleh guru. Selanjutnya secara acak, peserta didik diminta mempresentasikan hasil ringkasannya di dalam kelas untuk mendapatkan simpulan yang diharapkan tentang konsep dasar akuntansi tersebut.

Akuntansi Usaha Jasa

Peserta didik menerima penjelasan guru untuk mengkaji jurnal, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca lajur, dan laporan keuangan sebagai konsep- konsep pokok akuntansi pada usaha jasa. Kemudian melakukan latihan mengelola dan menyusun konsep-konsep pokok akuntansi usaha jasa tersebut.

Akuntansi Usaha Dagang

Peserta didik menerima penjelasan guru untuk mengkaji jurnal, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca lajur, dan laporan keuangan sebagai konsep- konsep pokok akuntansi pada usaha dagang. Kemudian melakukan latihan mengelola dan menyusun konsep-konsep pokok akuntansi usaha dagang tersebut.

Implementasi Akuntansi pada Koperasi Siswa

Peserta didik melakukan praktik mengimplementasikan konsep-konsep pokok akuntansi pada pengelolaan koperasi siswa, kemudian menyusun laporan hasil praktik tersebut untuk dipresentasikan dan disiskusikan di dalam kelas. Berdasarkan presentasi dan diskusi ini peserta didik melakukan penyempurnaan laporan yang dapat digunakan sebagai panduan perbaikan pelaksanaan praktik berikutnya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar akuntansi, serta menyadari pentingnya akuntansi dalam pengelolaan bisnis modern dengan melibatkan peran teknologi informasi.
  • Memperoleh pengetahuan serta keterampilan mengelola dan menyusun konsep- konsep pokok akuntasi yang diperlukan dalam pengelolaan usaha jasa. Dari sini akan tumbuh sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, kritis, dan kolaboratif pada peserta didik.
  • Memperoleh pengetahuan serta keterampilan mengelola dan menyusun konsep- konsep pokok akuntasi yang diperlukan dalam pengelolaan usaha dagang. Dari sini akan tumbuh sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, kritis, dan kolaboratif pada peserta didik.
  • Memiliki keterampilan mengelola pembukuan dan akuntansi koperasi siswa. Kegiatan ini akan menciptakan serta memantapkan jiwa, motivasi, dan keterampilan bisnis/berwirausaha dalam koperasi bagi peserta didik.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)