PPKn Kelas 11

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 11 meliputi Strategi Mengatasi Ancaman terhadap Keutuhan NKRI, Pelanggaran dan Penegakan HAM, Sistem Peradilan dan Penegakan Hukum di Indonesia, Teori Kedaulatan yang Dianut oleh Negara Indonesia, Sistem dan Dinamika Pelaksanaan Demokrasi Indonesia

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 11

Integrasi Nasional

Strategi Mengatasi Ancaman terhadap Keutuhan NKRI

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber dan berdiskusi mengenai bentuk- bentuk ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI (integrasi nasional) disertai dengan contoh, serta menganalisis berbagai pendekatan dalam mengatasinya. Melalui bimbingan Guru, peserta didik melakukan praktik kewarganegaraaan sebagai bentuk partisipasi dalam menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa dan wilayah Indonesia.

Hak Asasi Manusia

Pelanggaran dan Penegakan HAM

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber mengenai pengertian HAM, konsep HAM internasional, macam-macam HAM, dan pengaturan HAM dalam peraturan perundang-undangan nasional. Peserta didik mencari informasi dari berbagai media massa untuk menemukan beberapa kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan penangannya serta memberi tenggapan terhadap kasus HAM dan penanganannya. Dalam kegiatan ini, Guru mengarahkan tentang pentingnya menghormati HAM dalam kehidupan sehari-hari.

Sistem Peradilan

Sistem Peradilan dan Penegakan Hukum di Indonesia

Peserta didik menggali informasi secara berkelompok melalui wawancara kepada petugas penegak hukum, yaitu: Polisi, Jaksa, Pengacara/Advokat, dan Hakim mengenai tugas dan wewenang masing-masing penegak hukum. Setelah melaporkan hasil wawancara, pesserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka dan mendsikusikan tentang jenis dan tingkatan sistem peradilan di Indonesia. Dalam pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik untuk mematuhi hukum dan tidak main hakim sendiri.

Kedaulatan Negara Indonesia

Teori Kedaulatan yang Dianut oleh Negara Indonesia

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka dan mendiskusikan mengenai pengertian, sifat, dan macam-macam teori kedaulatan beserta ciri masing- masing, dan teori kedaulatan yang dianut oleh negara Indonesia disertai dengan bukti yuridisnya. Melalui pembelajaran ini, Guru menegaskan kepada peserta didik tentang pentingnya kedudukan rakyat atau warga negara dalam teori kedaulatan yang dianut oleh Indonesia.

Demokrasi Pancasila

Sistem dan Dinamika Pelaksanaan Demokrasi Indonesia

Peserta didik menggali informasi dari berbagai bahan pustaka dan mendiskusikan mengenai sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia serta dinamika pelaksanaannya mulai dari jaman Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi. Dalam kegiatan ini, Guru memberikan penegasan tentang pentingnya sistem demokrasi dalam pelaksanaan pemerintahan di Indonesia.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan kesadaran sejarah, dan semangat berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara.
  • Memperlihatkan kesadaran sejarah, semangat berkorban, menjalankan hak dan kewajiban, serta kepatuhan terhadap hukum dan norma sosial secara kritis dan konstruktif.
  • Memperlihatkan kepatuhan dan kesadaran terhadap hukum dan norma sosial secara kritis dan konstruktif.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)