IPS Kelas 8

Fokus Pembalajaran IPS Kelas 8 meliputi Karakteristik Wilayah, Kesatuan Global, dan Ancaman Bencana. Kehidupan Masyarakat dan Bangsa Indonesia Sejak Zaman Penjajahan hingga Awal Reformasi. Badan Usaha dan Peran Pemerintah dalam Perekonomian untuk Peningkatan Kemakmuran. Interaksi Manusia dan Lingkungan Alam dan Sosial

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 8

Geografi

Karakteristik Wilayah, Kesatuan Global, dan Ancaman Bencana Peserta didik mengidentifikasi karakteristik dan keterkaitan antarwilayah dalam mewujudkan kesatuan global dan menganalisis keterkaitan karakteristik lingkungan dengan keberadaan ancaman bencana yang ada di Indonesia, melalui menyimak dan mendiskusikan peta, buku teks, dan sumber belajar lainnya, termasuk sumber belajar digital.

Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi

Kehidupan Masyarakat dan Bangsa Indonesia Sejak Zaman Penjajahan hingga Awal Reformasi

Peserta didik mendeskripsikan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia pada dimensi politik, ekonomi, dan kebudayaan sejak zaman penjajahan hingga awal reformasi; menganalisis strategi perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan; menganalisis peristiwa penting menjelang proklamasi kemerdekaan, serta menjelaskan dinamika kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya masyarakat Indonsia, sejak masa demokrasi parlementer, demokrasi terpimpin (Orde Lama), Orde Baru, dan masa reformasi, melalui menyimak dan mendiskusikan buku teks, serta sumber belajar lainnya, termasuk sumber belajar digital.

Ekonomi dan Sosiologi

Badan Usaha dan Peran Pemerintah dalam Perekonomian untuk Peningkatan Kemakmuran

Peserta didik mengidentifikasi konsep badan usaha dan perusahaan, skala perusahaan, konsep pokok koperasi Indonesia, serta berbagai bentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia; dan menjelaskan peran utama pemerintah dalam perekonomian nasional untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat, melalui diskusi dan bimbingan guru dalam pengenalan masalah, membuat pertanyaan terkait tema, mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data, serta menyusun laporan dan mempresentasikan di kelas dalam pembelajaran berbasis proyek (project based learning).

Sosiologi dan Geografi

Interaksi Manusia dan Lingkungan Alam dan Sosial

Peserta didik menganalisis interaksi manusia dengan lingkungan alam dan sosial di lingkungan tempat tinggal; mengidentifikasi kepedulian (misalnya melakukan penghijauan dan sebagainya) dan ketidakpedulian manusia terhadap lingkungan alam (seperti melakukan penggundulan hutan dan sebagainya), serta menganalisis pentingnya kepedulian terhadap lingkungan dan dampak ketidakpedulian terhadap lingkungan, melalui pengamatan secara langsung dan/atau mendiskusikan buku teks, serta sumber belajar lainnya, termasuk sumber belajar digital.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap wilayah NKRI dan kaitannya dengan tanggap bencana.
  • Menunjukkan pengetahuan, kecintaan, dan kebanggaan terhadap sejarah bangsa Indonesia terkait perjuangan Bangsa Indonesia sejak zaman penjajahan hingga awal reformasi.
  • Menunjukkan sikap apresiasi terhadap para pelaku wirausaha dan menunjukkan dorongan untuk berwirausaha.
  • Menunjukkan kebiasaan untuk berinteraksi dengan lingkungan alam dan sosial berdasarkan akhlak mulia.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)