IPS Kelas 3

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 3 meliputi Lingkungan Kabupaten/Kota, Sejarah Kabupaten/Kota serta Perjuangan Tokoh di Lingkungan Kabupaten/Kota, Peran Pasar dalam Pemenuhan Kebutuhan, Masyarakat serta Nilai dan Norma yang Berlaku di Dalamnya

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 3

Geografi dan Ekonomi

Lingkungan Kabupaten/Kota

Peserta didik mengamati peta konvensional dan/atau digital untuk mengetahui: keberadaan dirinya di suatu lingkungan kabupaten/ kota; mengetahui peta kabupaten/kota yang mencakup batas-batas wilayah, nama-nama wilayah, dan potensi SDA dan SDM di lingkungan kabupaten/ kota tempat tinggalnya yang dapat menopang kehidupan. Peserta didik melakukan tanya jawab dan mengerjakan tugas terstruktur lainnya untuk mengetahui pentingnya memanfaatkan sumber daya alam dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Sejarah dan Geografi

Sejarah Kabupaten/Kota serta Perjuangan Tokoh di Lingkungan Kabupaten/Kota

Peserta didik menceritakan sejarah kabupaten/ kota tempat tinggalnya, mengapresiasi tokoh-tokoh yang berjasa dalam mendirikan dan/atau mengembangkan kabupaten/kota tempat tinggalnya, menjelaskan pentingnya mengambil nilai-nilai inspirasi dari perjuangan tokoh-tokoh yang ada di kabupaten/ kota tempat tinggalnya, serta menganalisis pentingnya berkontribusi terhadap pembangunan kabupaten/ kota tempat tinggalnya, melalui kegiatan tanya jawab secara langsung kepada anggota keluarga atau lingkungan terdekat dan/atau membaca teks yang tersedia, lalu ditindaklanjuti dengan diskusi kelas.

Ekonomi dan Geografi

Peran Pasar dalam Pemenuhan Kebutuhan

Peserta didik mengkaji pengertian dan jenis-jenis pasar, serta peran pasar sebagai penghubung antara masyarakat konsumen (pembeli) dan masyarakat pemilik barang (penjual), dan menjelaskan lokasi pasar secara geografis. Hal ini dilakukan dengan melakukan pengamatan lingkungannya, wawancara dengan orang tua, dan/atau mencari informasi melalui media sosial dan media cetak. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi secara acak di kelas atas informasi yang diperolehnya.

Sosiologi, Geografi, dan Sejarah

Masyarakat serta Nilai dan Norma yang Berlaku di Dalamnya

Peserta didik menjelaskan keberadaan dirinya sebagai bagian dari masyarakat majemuk yang ada di suatu lingkungan kabupaten/ kota; menganalisis bahwa perilakunya diatur berdasarkan sistem nilai dan norma yang berlaku; mendeskripsikan adanya keberagaman masyarakat, baik suku, agama, maupun golongan tertentu yang terdapat di lingkungan masyarakat kabupaten/ kota tempat tinggalnya; serta menjelaskan bahwa masyarakat yang baik berada di bawah struktur pengelolaan masyarakat yang baik pula, melalui pengamatan langsung dan/atau memanfaat media pembelajaran yang tersedia, dilanjutkan dengan diskusi kelas.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap lingkungan kabupaten/ kota tempat tinggalnya.
  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap sejarah kabupaten/ kota, masyarakat, dan sejarahnya.
  • Menunjukkan pengetahuan dan kebiasaan memanfaatkan potensi ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya secara efisien dan efektif.
  • Menunjukkan kebiasaan berinteraksi secara baik dan sopan, dan terbuka dalam keberagaman masyarakat berdasarkan akhlak mulia.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)