IPA Kelas 6

Pengembangan pemahaman gaya dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, Melakukan kerja ilmiah, Mengenal dan menerapkan pengetahuan dan inovasi IPA serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 6

IPA (Fisika), Gaya

Pengembangan pemahaman gaya dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

Siswa dikenalkan berbagai jenis gaya dan aplikasinya berupa pesawat sederhana.

IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Kerja ilmiah

Melakukan kerja ilmiah

Siswa berlatih melakukan pengamatan dan praktik sederhana untuk topik tertentu di kelas 4-6 dengan menggunakan metode ilmiah (pengamatan/percobaan, pengambilan data pengamatan, menganalisis hasil pengamatan dan menyimpulkan), baik secara individu maupun kelompok (kolaboratif), baik melalui laporan tertulis maupun melalui presentasi hasil/kesimpulannya di depan kelas. Siswa diberikan berbagai media referensi berupa jurnal, video atau web. Selanjutnya informasi yang telah diperoleh siswa dapat menumbuhkan kreativitas siswa untuk berinovasi dan mampu melakukan percobaan sederhana baik di lab atau di lapangan.

IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Penemuan ilmiah

Mengenal dan menerapkan pengetahuan dan inovasi IPA serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Siswa mengenali dan mempelajari penerapan pengetahuan IPA sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diminta untuk mengamati/mengingat tentang semua yang mereka rasakan ketika mencium bunga, mencicipi makanan, dan sebagainya yang semua itu adalah kimia. Ketika mereka menangis, itu karena terjadi reaksi kimia, ketika mereka merasa lapar, itu karena terjadi reaksi kimia, dan seterusnya. Siswa juga dikenalkan tentang terjadinya pemanasan global dan efek rumah kaca yang meningkatkan suhu rata- rata bumi, sebagai akibat aktifitas manusia yang menyebabkan terbentuknya gas-gas rumah kaca seperti (karbon dioksida, metan/metana, nitrat oksida, hidro chloro carbon, chloro flouro karbon).

Siswa mengenal beberapa inovasi sederhana yang berkembang, baik di Indonesia maupun di dunia. Siswa diberikan berbagai media referensi berupa jurnal, video atau web untuk menelusuri informasi tentang kemajuan penemuan ilmiah, sehingga dapat menumbuhkan kreativitas siswa untuk berinovasi di bidang IPA (Biologi, Kimia, dan Fisika) dan siswa mampu melakukan percobaan sederhana baik di laboratorium atau di lapangan, misalnya membuat pupuk kompos atau pupuk cair dari sampah dapur, seperti sisa sayuran dan buah- buahan. Siswa diarahkan untuk membuat laporan hasil percobaan tersebut baik secara individu atau berkelompok, dan dipresentasikan hasilnya di depan kelas.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa memiliki kecakapan dan berilmu serta mengagungi pencipta alam semesta, beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.
  • Siswa menunjukkan kecakapan dan berilmu, peduli lingkungan alam dan sosial, bangga terhadap tanah air, bangsa, dan negara, serta berperilaku dalam menjaga keseimbangan alam, serta turut berperan serta dalam menjaga kelangsungan kehidupan di bumi.
  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
  • Siswa menunjukkan perilaku kreatif, inovatif, produktif dalam bekerja secara mandiri maupun berkelompok (kolaboratif), respek serta menghargai pendapat orang lain.
  • Siswa menunjukkan keterampilan dalam menggunakan teknologi dan berkomunikasi dengan sopan dan santun, menggunakan Bahasa Indonesia baik lisan maupun tulis dalam interaksi sehari-hari.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)