Sosiologi Kelas 12

Fokus Pembelajaran Sosiologi Kelas 12 meliputi Stratifikasi dan Mobilitas Sosial; Perubahan Sosial, Permasalahan, dan Upaya Penyelesaian Masalah; Globalisasi, Dampak, dan Usulan Solusi.

Fokus Pembelajaran Sosiologi Kelas 12

Stratifikasi dan Mobilitas Sosial

Peserta didik mengkaji konsep, realita, dan dimensi stratifikasi sosial (ekonomi, kekuasaan, kehormatan); menganalisis mobilitas sosial yang dialami oleh individu- individu berupa mobilitas intra-generasi (mobilitas sosial dalam diri individu sejak awal hingga kini), atau antar generasi (mobilitas antara individu dengan orang tua mereka), melalui diskusi, telaah literatur, pencarian data, serta pengamatan langsung dan tidak langsung.

Perubahan Sosial, Permasalahan, dan Upaya Penyelesaian Masalah

Peserta didik melakukan analisis kritis mengenai penyebab dan pola perubahan sosial dalam masyarakat akibat pertambahan populasi, perubahan teknologi dan media sosial, gejala alam dan sosial; mengkaji fenomena disrupsi, post truth/hoaks, penyebab, dan akibatnya; membuat rumusan upaya penyelesaian masalah yang dapat diterapkan di Indonesia, dengan melakukan diskusi, pencarian data dan kasus dari berbagai negara, telaah literatur, dan pengamatan langsung dan tidak langsung.

Globalisasi, Dampak, dan Usulan Solusi

Peserta didik melakukan penelitian dengan wawancara, pengamatan langsung dan tidak langsung, serta pencarian literatur mengenai globalisasi dengan menggambarkan salah satu fenomena globalisasi yang terjadi (seni dan kebudayaan, ekonomi, pasar tenaga kerja, gaya hidup, dan sebagainya); mengidentifikasi dan menganalisis dampak positif dan negatif globalisasi; merumuskan usulan solusi untuk mengatasi dampak negatif globalisasi yang dapat diterapkan dalam masyarakat Indonesia.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan kesadaran, pemahaman, serta kepedulian terhadap fenomena stratifikasi sosial, perubahan sosial dan globalisasi di masyarakat.
  • Menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang bertanggung jawab untuk turut menyelesaikan dampak negative dari perubahan sosial dan globalisasi.
  • Menunjukkan kebiasaan dan kesadaran untuk berperilaku kolaboratif, kreatif, dan inovatif dalam menyelesaikan masalah stratifikasi sosial, dampak negatif dari perubahan sosial dan globalisasi.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)