PPKn Kelas 4

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 4 meliputi pemahaman tentang Arti dan Fungsi Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Mengamalkan Nilai-nilai yang Terkandung dalam Pancasila serta Membiasakan Diri Berperilaku Jujur, Mandiri, serta Bertanggung Jawab dalam Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan Sekitar

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 4

Pancasila

Arti dan Fungsi Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber tentang arti kata Pancasila dan menyebutkan sila-sila Pancasila secara urut dan benar. Peserta didik mendiskusikan arti pandangan hidup, makna sederhana dari masing-masing sila Pancasila, dan contoh pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan ini, Guru mengarahkan agar peserta didik membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Nilai-nilai Pancasila

Mengamalkan Nilai-nilai yang Terkandung dalam Pancasila

Peserta didik berdiskusi menggali nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. Mencari contoh contoh pengamalan dari nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari- hari. Peserta didik juga mengidentifikasi sikap dan perilaku diri ssendiri yang merupakan wujud pengamalan sila-sila Pancasila. Dalam pembelajaran ini, Guru mengarahkan agar peserta didik selalu mengamalkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik menyebutkan macam-macam agama, nama tempat ibadah dari masing- masing agama yang ada dalam masyarakat Indonesia. Peserta didik juga menunjukkan beberapa contoh perilaku saling menghormati dari beberapa teman sekolah dan teman sepermainan yang berbeda agama. Melalui kegiatan ini, guru mengarahkan agar peserta didik selalu menghormati perbedaan agama.

Perilaku Jujur, Mandiri, dan Tanggung Jawab

Membiasakan Diri Berperilaku Jujur, Mandiri, serta Bertanggung Jawab dalam Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan Sekitar

Peserta didik berdiskusi mencari contoh tentang perilaku sehari-hari di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar yang menunjukkan sikap jujur, mandiri, dan tanggung jawab. Peserta didik mengemukakan pendapat perlunya sikap dan perilaku jujur, mandiri, dan tanggung jawab serta mengidentifkasi akibat yang ditimbulkan dari tidak jujur, tidak mandiri, dan tidak tanggung jawa. Dalam kegiatan ini, Guru menanamkan sikap kepada peserta didik untuk berperilaku jujur, mandiri, dan tanggung jawab.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan pemahaman dan kebiasaan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Memperlihatkan kebiasaan berperilaku dan mengamalkan ajaran agam yang dianut.
  • Memperlihatkan kebiasaan berperilaku sesuai agama yang dianut, berakhlak mulia, jujur, mandiri, dan tanggung jawab.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)