Kimia Kelas 10

Fokus Pembelajaran Kimia Kelas 10 meliputi Kimia dan Sumber Daya Mineral, Hukum Dasar kimia dan Stoikiometri, Perkembangan Teori Atom dan Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia dan Bentuk Molekul dan Interaksi Antar Molekul

Fokus Pembelajaran Kimia Kelas 10

Kimia dan Sumber Daya Mineral

Mengenal karakteristik kimia, bahan-bahan kimia di sekitar, isu-isu terkini yang berkaitan dengan lingkungan dan kehidupan dan mengenal sumber daya mineral.

Siswa mempelajari dan memahami karakteristik kimia dan mengenal bahan-bahan kimia yang ada di sekitar dan mampu menganalisis bahan-bahan kimia tersebut berdasarkan karakteristiknya. Siswa mengenali isu-isu terkini yang berkaitan dengan kimia dan mengenal dampaknya terhadap lingkungan dan kehidupan. Siswa mengenali sumber- sumber mineral kekayaan alam Indonesia. Siswa mengenali berlakunya prinsip-prinsip kimia dalam khasanah budaya masyarakat sekitar.

Hukum Dasar kimia dan Stoikiometri

Mengembangkan pemahaman tenatang konsep mole, massa atom, massa molekul, dan komposisi atom dalam senyawa dan persamaan kimia untuk melakukan perhitungan stoikiometri.

Siswa mempelajari konsep kimia dan hukum-hukum dasar kimia dan menerapkannya dalam menentukan mol unsur/senyawa serta dalam perhitungan kimia (stoikiometri). Siswa memberikan nama senyawa anorganik dan organik sederhana secara sistematis. Siswa menuliskan persamaan reaksi yang setara dan mengunakannya untuk melakukan perhitungan stoikiometri. Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum dasar kimia.

Perkembangan Teori Atom dan Sistem Periodik Unsur

Menjelaskan bagaimana elektron, proton dan neutron tersusun dalam sebuah atom, susunan unsur dalam Tabel Periodik, dan keperiodikan sifat unsur.

Siswa mempelajari struktur atom menggunakan teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan mekanika gelombang, serta belajar membandingkan kelebihan dan kelemahan masing-masing dari teori atom tersebut. Siswa belajar mengkaitkan karakteristik spektrum atom dengan teori atom Bohr. Siswa belajar memahami makna masing-masing bilangan kuantum, menuliskan konfigurasi elektron pada atom, menentukan jumlah elektron valensi, dan menempatkan sebuah atom pada Tabel Periodik Unsur berdasarkan konfigurasi elektronnya. Melalui bimbingan guru, siswa mengamati dan menganalisis tabel periodik unsur untuk mempelajari trend dan keteraturan dari sifat-sifat unsur secara periodik (yang meliputi jari-jari atom, afinitas elektron, energi ionisasi, dan keelektronegatifan).

Ikatan Kimia dan Bentuk Molekul dan Interaksi Antar Molekul

Menganalisis berbagai sifat zat berdasarkan jenis ikatan, bentuk molekul dan interaksi antarmolekul.

Siswa mempelajari pembentukan ikatan ion, struktur lewis, ikatan kovalen, dan interaksi antar molekul. Siswa belajar membandingkan pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam, serta kaitannya dengan sifat zat. Siswa belajar menerapkan Teori Tolakan Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) atau Teori Domain Elektron untuk menentukan bentuk molekul. Siswa membuat model molekul dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar atau perangkat lunak komputer. Siswa menghubungkan jenis ikatan, bentuk molekul, dan interaksi antarion, antaratom, dan antarmolekul dengan berbagai sifat fisika zat. Siswa belajar merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukkan karakteristik senyawa ion atau senyawa kovalen.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa memiliki pemahaman dan kepedulian serta kesadaran dalam melestarikan lingkungan alam dan sosial.
  • Siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan menunjukkan kegemaran terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Siswa juga mampu menunjukkan kemampuan kreatif, adaptif, dan produktif, serta inovatif dalam memecahkan masalah yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan.
  • Siswa mampu menunjukkan kebiasaan, kepedulian, dan keteladanan dalam menjaga pola hidup bersih dan sehat.
  • Siswa memiki kesadaran terhadap potensi dirinya, sadar bahwa dirinya tangguh menghadapi tantangan hidup, dan dapat bekerja secara produktif dan bermanfaat, serta berkontribusi pada lingkungan.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)