Ekonomi Kelas 10

Fokus Pembelajaran Ekonomi Kelas 10 meliputi Konsep Pokok Ekonomi; Teori Ekonomi Mikro; Teori Ekonomi Makro; Kebijakan Ekonomi sebagai Bentuk Peran Pemerintah dalam Perekonomian.

Fokus Pembelajaran Ekonomi Kelas 10

Konsep Pokok Ekonomi

Peserta didik mengkaji konsep pokok ekonomi yang meliputi: kelangkaan dan masalah ekonomi dalam hubungannya dengan ilmu ekonomi, serta kegiatan empat sektor ekonomi yang membentuk circular flow, dengan cara mencari informasi melalui internet/buku teks/sumber belajar lain, mendiskusikan, dan membuat ringkasan. Kemudian secara acak beberapa peserta didik diminta mempresentasikan hasil ringkasannya di dalam kelas untuk memperoleh simpulan, dilanjutkan dengan penyempurnaan ringkasan.

Teori Ekonomi Mikro

Peserta didik mengkaji konsep pokok Teori Ekonomi Mikro yang meliputi: konsep permintaan, penawaran, keseimbangan harga, dan elastisitas permintaan dan penawaran, serta bentuk-bentuk (struktur) pasar output dan jenis-jenis pasar input, dengan cara mencari informasi melalui internet/buku teks/sumber belajar lain, menganalisis dan membuat ringkasan. Selanjutnya, secara acak peserta didik diminta mempresentasikan hasil ringkasannya di dalam kelas untuk menemukan inti (konsep pokok) ekonomi mikro. Berdasarkan presentasi ini peserta didik melakukan penyempurnaan atas ringkasannya.

Teori Ekonomi Makro

Peserta didik mengkaji konsep pokok Teori Ekonomi Makro yang meliputi: konsep pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi, serta faktor pengangguran, inflasi, ekonomi internasional (khususnya ekspor-impor dan lalu lintas modal asing), dan peran IPTEK (khusunya teknologi informasi) yang berpengaruh terhadap pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi. Langkah yang ditempuh adalah mencari informasi melalui internet/buku teks/sumber belajar lain, menganalisis, dan mendiskusikan informasi yang diperoleh. Kemudian mereka membuat ringkasan hasil diskusinya, dan selanjutnya secara acak peserta didik diminta mempresentasikan ringkasannya di dalam kelas untuk menemukan inti (konsep pokok) ekonomi makro yang terkait dengan kelangsungan perekonomian nasional. Berdasarkan presentasi ini peserta didik melakukan penyempurnaan atas ringkasannya.

Kebijakan Ekonomi sebagai Bentuk Peran Pemerintah dalam Perekonomian

Peserta didik mengkaji kebijakan fiskal (menyangkut: APBN, pajak, subsidi, dana bantuan daerah), serta kebijakan moneter oleh Bank Sentral (menyangkut: suku bunga, pasar uang, pasar modal, dan obligasi pemerintah) yang menggambarkan peran pokok pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. Langkah-langkah yang ditempuh adalah mencari informasi melalui internet/buku teks/sumber belajar lain, menganalisis, dan mendiskusikan informasi yang diperoleh. Kemudian secara acak peserta didik diminta mempresentasikan hasil diskusinya dalam kelas untuk memperoleh simpulan kajiannya. Berdasarkan presentasi ini peserta didik melakukan penyempurnaan atas ringkasannya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memiliki pengetahuan tentang konsep pokok ekonomi yang melatarbelakangi pentingnya ilmu ekonomi, memiliki kemampuan mengidentifikasi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh empat sektor ekonomi yang membentuk circular flow, serta menyadari pentingnya empat sektor pelaku ekonomi dalam menggerakkan perekonomian.
  • Memiliki pengetahuan tentang inti (konsep pokok) ekonomi mikro yang perlu dimengerti oleh pelaku ekonomi, sehingga memiliki landasan yang rasional untuk melakukan kegiatan ekonomi dengan hasil yang optimal, tanpa meninggalkan etika dan moral.
  • Memiliki pengetahuan tentang inti (konsep pokok) ekonomi makro, sehingga menyadari pentingnya pengendalian variabel ekonomi makro untuk kelangsungan dan kemajuan perekonomian nasional. Hal ini akan menumbuhkan sikap nasionalis, toleran, dan kepedulian terhadap kehidupan orang banyak (masyarakat).
  • Memiliki pengetahuan tentang kebijakan ekonomi sebagai bentuk peran pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian nasional, sehingga menyadari pentingnya peran pemerintah tersebut. Dari sini akan tumbuh sikap nasionalis, serta cinta terhadap bangsa dan negara.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)