PPKn Kelas 5

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 5 meliputi sikap Membina Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Keragaman Suku, Agama, Ras, Antar Golongan, Gender, dan Bahasa. Kebiasaan Berinteraksi Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari di Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan Sekitar. Sikap Mengembangkan Sikap Nasionalisme dan Bela Negara.

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 5

Hak dan Kewajiban

Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

Peserta didik menyebutkan beberapa hak dan kewajiban di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar serta memberikan contoh pemenuhan hak dan kewajiban tersebut. Peserta didik mendiskusikan perlunya memenuhi hak dan kewajiban serta akibat yang ditimbulkan jika hak dan kewajiban tidak dipenuhi. Dalam kegiatan ini, Guru mengarahkan agar peserta didik selalu berusaha menjadi warga negara yang baik.

Persatuan dan Kesatuan

Membina Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Keragaman Suku, Agama, Ras, Antar Golongan, Gender, dan Bahasa

Peserta didik mengemukakan contoh keragaman bangsa Indonesia dilihat dari suku, agama, ras, golongan, gender, dan bahasa. Peserta didik mendiskusikan sikap yang perlu dikembangkan dan dihindari dalam membangun persatuan dan kesatuan, serta akibat yang ditimbulkan jika tidak mendukungnya. Dalam kegiatan ini, Guru menanamkan sikap kepada peserta didik agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan bersama.

Interaksi Sosial

Kebiasaan Berinteraksi Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari di Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan Sekitar

Peserta didik mendiskusikan contoh hubungan yang harmonis dan tidak harmonis antara siswa dengan anggota keluarga, teman sekolah, dan teman sepermainan. Peserta didik menuliskan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan hubungan sosial yang harmonis dan menghindari hubungan yang tidak harmonis. Melalui bimbingan Guru, peserta didik memperagakan cara berhubungan yang sopan, santun dan tebuka dengan anggota keluarga, teman sekolah, dan teman sepermainan. Dalam kegiatan ini, guru mengarahkan agar peserta didik dapat berinteraksi secara sopan, santun dan terbuka.

Cinta dan Bangga terhadap Tanah Air

Mengembangkan Sikap Nasionalisme dan Bela Negara

Peserta didik bercerita tentang kekayaan dan keindahan alam tanah air Indonesia, kekayaan dan keindahan sosial budaya bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika. Peserta didik mendiskusikan perlunya rasa cinta dan bangga terhadap tanah air, bangsa, dan negara Indonesia, serta contoh rasa cinta dan bangga tersebut. Melalui pembelajaran ini, Guru menanamkan sikap cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia kepada peserta didik.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan kebiasaan berperilaku sebagai warga negara yang baik.
  • Memperlihatkan kebiasaan berinteraksi secara sopan, santun, daan terbuka dalam keberagaman masyarakat.
  • Memperlihatkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air, bangsa, dan negara sebagai warga negara yang baik.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)