IPA Kelas 5

Pemahaman bumi dan alam semesta, Mengenal dan memahami penemuan bidang IPA dan tokohnya, Mengenal dan memahami pertumbuhan dan perkembangbiakan hewan, tumbuhan dan manusia, Mengamati dan memahami rantai makanan, ekosistem dan interaksi

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 5

IPA (Fisika), Bumi dan alam semesta

Pemahaman bumi dan alam semesta

Siswa mengenal susunan tatasurya bumi, bulan, bintang, matahari dan benda-benda langit lainnya dalam alam semesta, serta melakukan pengamatan benda-benda langit tersebut serta fenomena-fenomena yang terjadi.

IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Penemuan Ilmiah

Mengenal dan memahami penemuan bidang IPA dan tokohnya

Siswa mengenal dan mengetahui manfaat berbagai penemuan-penemuan bidang sains yang berpengaruh besar pada kehidupan manusia, baik di bidang kesehatan, lingkungan, pertanian, industri, dan bioteknologi. Contoh di bidang Pertanian dan Bioteknologi adalah penemuan pupuk dan pestisida, penemuan vaksin, obat-obatan, proses-proses fermentasi (seperti pembuatan tape dan lain-lain) dan pemanfaatan mikroba dalam makanan dan minuman. Siswa menunjukkan kemampuan bernalar dan memahami penemuan-penemuan bidang sains yang bermanfaat bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia.

IPA (Biologi), Pertumbuhan dan perkembangbiakan

Mengenal dan memahami pertumbuhan dan perkembangbiakan hewan, tumbuhan dan manusia

Siswa memahami dan menjelaskan pertumbuhan pada tumbuhan, hewan, dan manusia. Siswa memahami dan menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan, hewan, dan manusia. Misalnya siswa mengamati bagaimana cara tumbuhan tumbuh dan berkembangbiak atau bagaimana proses pertumbuhan manusia mulai dari adik bayi sampai remaja.

IPA (Biologi), Rantai makanan

Mengamati dan memahami rantai makanan, ekosistem dan interaksi

Siswa memahami, mengamati, dan menjelaskan proses rantai makanan, ekosistem dan interaksinya di lingkungan. Misalnya siswa mengamati hewan dan tumbuhan yang ditemukan di dalam kolam yang terdapat di kebun sekolah, lalu siswa menjelaskan interkasinya.

IPA (Biologi, Kesehatan), Makanan dan kesehatan

Mengenal dan memahami makanan dan lingkungan sehat

Siswa memahami dan melaksanakan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi sehari-hari. Siswa menjaga lingkungan sekitar yang bersih dan sehat. Misalnya siswa memperhatikan makanan apa saja yang dijual di kantin sekolah, lalu dibandingkan dengan jajanan yang ada diluar sekolah dari segi kebersihan dan kesehatan makanannya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa memiliki kecakapan dan berilmu serta mengagungi pencipta alam semesta, beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.
  • Siswa menunjukkan kecakapan dan berilmu, peduli lingkungan alam dan sosial, serta berperilaku dalam menjaga keseimbangan alam, serta turut berperan serta dalam menjaga kelangsungan kehidupan di bumi.
  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu terhadap perkembanganilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
  • Siswa menunjukkan keterampilan dalam menggunakan teknologi dan berkomunikasi dengan sopan dan santun, menggunakan bahasa Indonesia baik lisan maupun tulis dalam interaksi sehari-hari.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)