PPKn Kelas 7

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 7 meliputi Mengembangkan Sikap Jujur, Memahami Makna dan Nilai Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara RI. Memahai Arti dan Makna Pancasila sebagai Dasar Negara, Pandangan Hidup, Kepribadian, dan Ideologi Bangsa Indonesia. Memahami Proklamasi dan Nilai yang Terkandung di Dalamnya.

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 7

Sikap Jujur

Mengembangkan Sikap Jujur

Peserta didik menyebutkan beberapa contoh sikap jujur dan tidak jujur siswa serta mendiskusikan sebab dan akibat yang ditimbulkan dari sikap jujur dan tidak jujur siswa yang terjadi di lingkungan sekolah. Melalui pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik untuk bersikap jujur di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kegiatan ini, Guru juga menegaskan agar siswa bersikap jujur dalam keadaan apapun.

Perumusan Dasar Negara

Makna dan Nilai Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara RI

Peserta didik menggali informasi dan mengidentifikasi tokoh-tokoh penting beserta pemikirannya pada pelaksanaan sidang-sidang BPUPKI dan PPKI dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara RI. Peserta didik mengidentifikasi perkembangan perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara RI dari pidato Ir. Sokearno tanggal 1 Juni 1945, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tanggal 18 Agustus 1945. Melalui pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik untuk meneladani sikap serta semangat persatuan dan kesatuan para pemimpin bangsa dalam sejarah perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara RI.

Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Arti dan Makna Pancasila sebagai Dasar Negara, Pandangan Hidup, Kepribadian, dan Ideologi Bangsa Indonesia

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber mengenai perbedaan arti dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, kepribadian, dan ideologi bangsa Indonesia. Peserta didik berdiskusi mengidentifikasi beberapa contoh konkrit pengamalan Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, kepribadian, dan ideologi bangsa Indonesia. Melalui kegiatan ini, Guru menegaskan agar peserta didik tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila.

Proklamasi

Proklamasi dan Nilai yang Terkandung di Dalamnya

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber dan dokumen mengenai sejarah peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Peserta didik mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan peran tokoh-tokoh kunci sebelum, pada saat dan sesudah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Melalui pembelajaran ini, Guru mengarahkan peserta didik untuk meneladani sikap para tokoh dalam peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan selalu belajar dari peristiwa sejarah.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan pemahaman dan kebiasaan berakhlak mulia, jujur, berinteraksi secara sopan, santun, terbuka, dan komunikatif.
  • Memperlihatkan kesadaran sejarah dan semangat membela tanah air, bangsa, dan negara.
  • Memperlihatkan pemahaman dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)