IPS Kelas 2

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 2 meliputi Lingkungan Desa/ Kelurahan, Sejarah Desa/ Kelurahan dan Perjuangan Tokoh di Lingkungan Desa/ Kelurahan, Cara Memenuhi Kebutuhan Keluarga dan Potensi Ekonomi Lingkungan Desa/Kelurahan, Masyarakat Desa/Kelurahan serta Nilai dan Norma yang Berlaku di dalamnya

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 2

Geografi dan Ekonomi

Lingkungan Desa/ Kelurahan

Peserta didik mendeskripsikan keberadaan dirinya di lingkungan desa/ kelurahan dan lingkungan sekitarnya yang lebih luas; mengenali peta desa/ kelurahan tempat tinggal yang mencakup batas-batas wilayah dan nama-nama desa/kelurahan lain yang ada di sekitar tempat tinggalnya; mengidentifikasi potensi-potensi ekonomi yang terdapat di lingkungan tempat tinggalnya yang dapat dimanfaatkan untuk menopang kehidupan, serta menjelaskan pentingnya mengolah sumber daya alam dengan memperhatikan kelestarian lingkungan. Hal ini dilakukan dengan melakukan pengamatan lingkungannya dan/atau tanya jawab dengan orang tuanya, serta pemanfaatan peta desa/kecamatan atau media belajar lain yang tersedia, dilanjutkan dengan presentasi secara acak di kelas.

Sejarah dan Geografi

Sejarah Desa/ Kelurahan dan Perjuangan Tokoh di Lingkungan Desa/ Kelurahan

Peserta didik menceritakan sejarah perkembangan desa/ kelurahan tempat tinggalnya; mengidentifikasi tokoh sejarah yang berperan dalam mendirikan dan/atau memajukan desa/ kelurahan tempat tinggalnya; menjelaskan pentingnya mengambil nilai-nilai inspirasi dari perjuangan tokoh-tokoh penting dalam sejarah desa/kelurahan tempat tinggalnya; serta menjelaskan pentingnya berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa/kelurahan tempat tinggalnya, melalui tanya jawab secara langsung dengan anggota keluarga di rumah, dan tanya jawab di kelas, yang dilengkapi dengan teknik klarifikasi nilai (value clarification technique).

Ekonomi dan Geografi

Cara Memenuhi Kebutuhan Keluarga dan Potensi Ekonomi Lingkungan Desa/Kelurahan

Peserta didik mengkaji pentingnya pengahasilan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Peserta didik menyusun prioritas kebutuhannya, agar peghasilan keluarga dapat memenuhi kebutuhannya secara optimal, serta menjelaskan keterkaitan antara penghasilan dan pekerjaan sebagai mata pencaharian keluarga. Peserta didik mengidentifikasi potensi ekonomi yang ada di sekitar lingkungannya dan jenis-jenis pekerjaan yang menjadi mata pencaharian masyarakat di lingkungannya. Hal ini dilakukan dengan melakukan pengamatan lingkungannya danatau tanya-jawab dengan orang-tuanya, serta pemanfaatan peta desa/kecamatan atau media belajar lain yang tersedia, dilanjutkan dengan presentasi secara acak di kelas.

Sosiologi dan Geografi

Masyarakat Desa/Kelurahan serta Nilai dan Norma yang Berlaku di dalamnya

Peserta didik mendeskripsikan bahwa dirinya merupakan bagian dari masyarakat di suatu desa/kelurahan, menjelaskan pentingnya kerjasama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling menghargai, menjelaskan bahwa perilakunya diatur berdasarkan sistem nilai dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat, baik di lingkungan RT/RW, sekolah, desa/ kelurahan, dan kecamatan, serta menganalisis bahwa masyarakat yang baik dan teratur berada di bawah struktur pengelolaan masyarakat yang baik dan teratur pula. Hal ini dilakukan dengan mencari informasi melalui pengamatan terhadap lingkungannya dan/atau wawancara dengan orang tuanya. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi secara acak di kelas atas informasi yang diperolehnya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap lingkungan desa/ kelurahan tempat tinggal berikut potensi yang terkandung di dalamnya.
  • Menunjukkan pengetahuan dan kecintaan terhadap asal-usul desa/ kelurahan, masyarakat, dan sejarahnya.
  • Menunjukkan kebiasaan untuk memanfaatkan potensi ekonomi di lingkungan desa/ kelurahan tempat tinggalnya secara efisien dan efektif.
  • Menunjukkan kebiasaan berinteraksi secara baik dan sopan, dan terbuka dalam keberagaman masyarakat desa/ kelurahan berdasarkan akhlak mulia.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)