PPKn Kelas 6

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 6 meliputi Berpikir Kritis dan Santun dengan Mengembangkan Sikap Kritis dan Santun. Peduli Lingkungan Alam dan Sosial dengan cara Peduli terhadap Lingkungan Alam dan Sosial.

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 6

Berpikir Kritis dan Santun

Mengembangkan Sikap Kritis dan Santun

Peserta didik memberi contoh cara bertanya secara kritis dan santun di keluarga, di sekolah, dan lingkungan sekitar. Peserta didik mendiskusikan perlunya bertanya secara kritis dan santun, serta akibat yang ditimbulkan jika bertanya secara kritis tidak disertai dengan sikap santun di keluarga, sekolah dan lingkungan sekitar. Melalui kegiatan ini, Guru menanamkan sikap kepada peserta didik agar selalu berinteraksi secara sopan, santun, dan terbuka.

Peduli Lingkungan Alam dan Sosial

Kebiasaan Peduli terhadap Lingkungan Alam dan Sosial

Peserta didik bersama-sama membersihkan dan merapikan kelas, halaman sekolah, dan tanaman di sekitar sekolah, serta iuran semampunya untuk membantu teman sekelas yang membutuhkan. Melalui bimbingan guru, peserta didik menceritakan kegiatan membersihkan dan merapikan lingkungan alam dan sikap kepedulian sosial yang pernah dilakukan di rumah dan lingkungan sekitarnya. Dalam pembelajaran ini, Guru mengarahkan agar peserta didik selalu peduli kepada lingkungan alam dan sosial.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan kebiasaan dan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara sopan, santun, dan terbuka dalam masyarakat.
  • Memperlihatkan kebiasaan peduli lingkungan alam dan sosial.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)