IPS Kelas 5

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 5 terdiri atas materi tentang Bencana Alam dan Sosial di Provinsi atau Pulau/ Kelompok Pulau, Kisah Perjuangan Tokoh Pada Zaman Penjajahan Barat, Interaksi dalam Kehidupan Sosial, Ekonomi, dan Budaya serta tentang Peran Pasar dalam Kegiatan Ekonomi dan Etika Perilaku Ekonomi

Fokus Pembelajaran IPS Kelas 5

Geografi dan Sosiologi

Bencana Alam dan Sosial di Provinsi atau Pulau/ Kelompok Pulau Peserta didik mengenali jenis dan frekuensi bencana alam di lingkungan provinsi, mengidentifikasi faktor-faktor penyebab bencana, serta mengkaji dampak sosial akibat bencana alam, seperti trauma, kesenjangan sosial, konflik perebutan sumber daya, perubahan tata nilai dan kebiasaan masyarakat, melalui kegiatan tanya jawab dan pengamatan langsung maupun tidak langsung melalui penggunaan berbagai sumber belajar.

Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi

Kisah Perjuangan Tokoh Pada Zaman Penjajahan Barat

Peserta didik mengenali tokoh dan tempat perjuangannya pada zaman penjajahan Barat, mengidentifikasi peran tokoh dan dampak perjuangan, mengkaji kesadaran, gagasan, peranan tokoh dalam memperbaiki strategi perjuangan merebut kemerdekaan serta nilai penting tokoh untuk diterapkan di masa sekarang, melalui kegiatan diskusi dan penelusuran literatur dari berbagai sumber belajar.

Sosiologi dan Ekonomi

***Interaksi dalam Kehidupan Sosial, Ekonomi, dan Budaya ***

Peserta didik mengenali proses interaksi antar individu yang beragam secara langsung dan melalui media sosial dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya, serta mengkaji bentuk interaksi dan permasalahan yang muncul dalam interaksi, melalui kegiatan wawancara, diskusi dan pengamatan langsung dan tidak langsung dari berbagi sumber belajar. Interaksi dalam kehidupan sosial dapat berupa interaksi pertemanan; ekonomi misalnya kegiatan jual beli; membeli produk dalam negeri; budaya berupa interaksi dalam kegiatan perayaan agama, upacara adat.

Ekonomi

Peran Pasar dalam Kegiatan Ekonomi dan Etika Perilaku Ekonomi

Peserta didik mengenali kegiatan pasar, peran pasar sebagai penggerak kegiatan ekonomi di pedesaan dan perkotaan, kegiatan jual beli yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (jual beli online), serta mengkaji etika moral Pancasila yang harus dipertimbangkan dalam berperilaku ekonomi agar tidak merugikan lingkungan sosial maupun fisik. Hal ini dilakukan dengan melakukan pengamatan lingkungannya, wawancara dengan orang tuanya, dan/atau mencari informasi melalui media sosial dan media cetak. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi secara acak di kelas atas informasi yang diperolehnya

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Menunjukkan kebiasaan peduli terhadap lingkungan alam dan sosial.
  • Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air, bangsa, dan negara serta sejarahnya.
  • Menunjukkan kebiasaan berinteraksi secara baik sehari-hari dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.
  • Menunjukkan kebiasaan hidup gotong-royong, adaptif, kreatif, produktif yang bermanfaat bagi diri dan masyarakat.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)