IPA Kelas 3

Siswa belajar mengenal gelaja-gejala lain yang ada di alam, seperti pembakaran, pemanasan, pendinginan, dan pembusukan. Siswa mengamati perubahan sifat benda jika dibakar, dipanaskan, dan dibiarkan di udara terbuka dalam waktu 2 – 3 hari.

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 3

IPA (Fisika, Kimia), Gejala alam di sekitar dan penerapan pengetahuan IPA

Pengembangan pemahaman pengetahuan IPA melalui pengamatan gejala alam dan penerapan pengetahuan IPA sederhana di lingkungan sekitar

Siswa mengamati terjadinya gejala-gejala alam lainnya, seperti tanah lapang yang bersuhu dingin pada pagi hari, namun bersuhu panas jika siang hari. Siswa juga memperhatikan bahwa sinar matahari dapat menyebabkan suhu tinggi dipermukaan bumi, namun juga dapat menerangi. Siswa belajar mengenal gejala-gejala fisika sederhana, seperti daun atau buah yang jatuh, terjadinya siang dan malam (terbit dan terbenamnya sinar matahari), dan gejala lainnya (seperti hujan, petir dan kilat, adanya pelangi, dan sebagainya). Siswa belajar mengenal gelaja-gejala lain yang ada di alam, seperti pembakaran, pemanasan, pendinginan, dan pembusukan. Siswa mengamati perubahan sifat benda jika dibakar, dipanaskan, dan dibiarkan di udara terbuka dalam waktu 2 – 3 hari.

IPA (Fisika, Biologi), Pengetahuan dan perkembangan IPA

Mengenal Pengetahuan IPA sederhana dan mengenal perkembangan pengetahuan, isu dan inovasi IPA

Siswa mengenali pemanfaatan pengetahuan sains sederhana dalam kehidupan sehari-hari, seperti pembuatan tape, tempe, roti, dan lainnya. Siswa mengamati perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi sains, seperti mobil yang bisa bergerak, pesawat yang bisa terbang tinggi, kapal laut yang bisa berlayar, dan sebagainya (termasuk dalam bidang pertanian).

IPA (Fisika, Biologi, Kimia), Kerja Ilmiah

Melakukan Percobaan IPA sederhana

Siswa mempelajari metode ilmiah dan implementasinya dalam topik-topik IPA sederhana melalui percobaan sederhana secara kolaboratif, bahasa ilmiah dan teknologi digital dalam laporan sederhana dari kegiatan percobaan. Siswa dibelajarkan agar memiliki komitmen kerja kelompok yang baik. Percobaan yang dilakukan dapat berupa: pengamatan terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, misalnya menumbuhkan biji kecambah pada kapas basah atau memelihara ikan dalam toples bening dan toples yang gelap. Percobaan sederhana lainnya misalnya: membuat awan dalam gelas atau menguji perubahan energi panas menjadi energi gerak dengan bahan utama kertas, lilin, dan benang. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan percobaan-percobaan IPA sederhana lainnya yang mudah dilakukan untuk dipraktikkan di rumah maupun di sekolah.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa memiliki kecakapan dan berilmu serta percaya kepada pencipta alam semesta, beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.
  • Siswa menunjukkan kecakapan dan berilmu, peduli lingkungan alam dan sosial, bangga terhadap tanah air, bangsa, dan negara, serta berperilaku dalam hidup bersih dan sehat, serta turut berperan serta dalam menjaga kelangsungan kehidupan di bumi.
  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
  • Siswa menunjukkan perilaku kreatif, dalam bekerja secara mandiri maupun berkelompok (kolaboratif), respek serta menghargai pendapat orang lain.
  • Siswa menunjukkan keterampilan dalam menggunakan teknologi dan berkomunikasi dengan sopan dan santun, menggunakan Bahasa Indonesia dasar baik lisan maupun tulis dalam interaksi sehari-hari.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)