PPKn Kelas 8

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 8 meliputi sikap Meneladani Sikap dalam Perumusan dan Pengesahan UUD NRI Tahun 1945, pemahaman atas Kedudukan Pancasila dalam UUD NRI 1945, sikap Mengembangkan Toleransi untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa, dan memahami Bentuk-bentuk Identitas Nasional

Fokus Pembelajaran PPKn Kelas 8

Proses Perumusan dan Pengesahan UUD NRI Tahun 1945

Meneladani Sikap dalam Perumusan dan Pengesahan UUD NRI Tahun 1945

Peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber dan dokumen mengenai sejarah perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945 dalam sidang-sidang BPUPKI. Peserta didik mengidentifikasi beberapa sikap yang perlu diteladani dalam peristiwa perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945. Dalam pembelajaran ini, Guru memotivasi peserta didik agar meneladani sikap para pendiri negara.

Hubungan Pancasila dan UUD 1945

Kedudukan Pancasila dalam UUD NRI 1945

Peserta didik mengidentifikasi rumusan Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam setiap alinea pembukaan UUD NRI Tahun 1945, dan kedudukan Pancasia dalam UUD NRI Tahun 1945. Dengan bimbingan Guru, peserta didik berdiskusi mengenai implikasi kedudukan Pancasila dalam UUD NRI Tahun 1945 pada kehidupan bernegara. Dalam kegiatan ini, Guru mengarahkan agar peserta didik setia pada Pancasila.

Toleransi Demi Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Mengembangkan Toleransi untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Peserta didik mengidentifikasi keragaman bangsa Indonesia dilihat dari suku, ras, agama, budaya dan makna Bhinneka Tunnggal Ika. Peserta didik mendiskusikan perlunya kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta perlunya toleransi untuk menjaga persattuan dan kesatuan. Dengan bimbingan Guru, peserta didik menunjukkan contoh sikap dan perilaku toleran dan kerjasama antar umat beragama, suku dan ras dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kegiatan ini, Guru mengarahkan agar peserta didik selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Identitas Nasional

Bentuk-bentuk Identitas Nasional

Peserta didik menggali informasi dari berbaagai sumber tentang pegertian, fungsi, dan bentuk-bentuk Identitas Nasional bangsa Indonesia. Peserta didik mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan ancaman terhadap Identitas Nasional, serta sikap yang perlu dikembangkan dalam mendukung dan mencegah ancaman terhadap Identitas Nasional bangsa Indonesia. Dalam pembelajaran ini, Guru mengarahkan agar peserta didik bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Memperlihatkan kesadaran sejarah dan semangat membela tanah air, bangsa, dan negara.
  • Memperlihatkan pemahaman dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Memperlihatkan semangat membela tanah air, bangsa, dan negara, serta berinteraksi secara sopan, santun, terbuka dan komunikatif dalam masyarakat yang beragam sesuai nilai-nilai Pancasila.
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)