IPA Kelas 9

Pengembangan pemahaman kelistrikan statis, arus listrik searah, magnet dan kemagnetan serta induksi elektromagnetik. Pengembangan pemahaman gerak sistem tatasurya, dan gerak rotasi dan revolusi Bumi. Partikel penyusun materi, mengenal simbol kimia unsur, dan nama beberapa senyawa. Mengamati dan memahami perkembangan makhluk hidup. Mengamati dan memahami ekosistem. Memahami dan menerapkan bioteknologi konvensional dan modern.

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 9

IPA (Fisika), Gejala kelistrikan, kemagnetan dan gelombang electromagnetik

Pengembangan pemahaman kelistrikan statis, arus listrik searah, magnet dan kemagnetan serta induksi elektromagnetik.

Siswa mengembangkan pemahamannya tentang gejala kelistrikan berdasarkan pengamatan dan pengukuran maupun pembelajaran di kelas untuk mengetahui pengaruh muatan listrik terhadap ruang di sekitar muatan tersebut berdasarkan hukum Coulomb (medan listrik di sekitar muatan) dan menganalisis rangkaian listrik sederhana arus searah, seri maupun paralel maksimum dua loop, termasuk daya listrik yang digunakan, berdasarkan hukum Ohm dan hukum Kirchhoff.

Siswa mengembangkan pemahamannya tentang gejala kemagnetan berdasarkan pengamatan dan pengukuran maupun pembelajaran di kelas untuk memahami sifat-sifat magnet, termasuk Bumi sebagai sebuah magnet, dan kemagnetan bahan, pengaruh arus listrik terhadap ruang sekitar arus tersebut (medan magnet di sekitar arus listrik), pengaruh medan magnet terhadap kawat berarus listrik (gaya magnet pada kawat berarus listrik), GGL induksi, transformator, motor listrik, dan generator listrik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa mengembangkan pemahamannya tentang gelombang elektromagnetik untuk mengetahui spektrum gelombang dan pemanfaatannya dalam teknologi komunikasi.

IPA (Fisika): Sistem tatasurya

Pengembangan pemahaman gerak sistem tatasurya, dan gerak rotasi dan revolusi Bumi

Siswa mengembangkan pemahamannya tentang struktur tatasurya dan peredaran planet, serta gerak rotasi dan revolusi Bumi dan Bulan beserta dampaknya berupa gejala gerhana Matahari, gerhana Bulan, pasang surut permukaan air laut, serta perubahan iklim permukaan Bumi yang berpengaruh pada kehidupan manusia.

IPA (Kimia), Unsur dan senyawa

Partikel penyusun materi, mengenal simbol kimia unsur, dan nama beberapa senyawa.

Siswa belajar mengenali bahwa materi dapat tersusun atas atom, molekul atau ion. Siswa belajar mengenal partikel subatomik yaitu elektron, proton dan neutron. Dengan menggunakan keterampilan tingkat tinggi, siswa belajar mengenali bahwa setiap unsur tersusun atas atom yang berbeda dan atom dari unsur yang berbeda memiliki jumlah elektron dan jumlah neutron yang berbeda pula. Siswa belajar menentukan jumlah elektron, jumlah proton dan jumlah neutron dari suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya. Dengan bimbingan guru, siswa bernalar untuk menjelaskan bahwa senyawa terbentuk dari beberapa atom yang saling berikatan, dan dapat menentukan jumlah atom dari masing-masing unsur yang membentuk suatu senyawa berdasarkan rumus kimia senyawa tersebut, misalnya satu molekul air \(\ce{H2O}\) terdiri atas 2 atom H dan 1 atom O yang saling berikatan.

IPA (Biologi): Makhluk hidup

Mengamati dan memahami perkembangan makhluk hidup

Siswa mengamati perkembangan makhluk hidup dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi. Misalnya, siswa mengamati pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari biji sampai dengan tumbuh menjadi tunas.

IPA (Biologi), Ekosistem

Mengamati dan memahami ekosistem

Siswa mengamati ekosistem dan memahami interaksi antar komponen dalam ekosistem. Misalnya, siswa mengamati ekosistem kebun sekolah atau lingkungan sekitar sekolah dan memahami interaksi antara komponen biotik dan abiotiknya.

IPA (Biologi), Bioteknologi

Memahami dan menerapkan bioteknologi konvensional dan modern

Siswa memahami perkembangan bioteknologi konvensional dan modern, dalam bidang pangan, kesehatan, lingkungan dan pertanian, misalnya siswa mempelajari dari media tulis atau visual seperti situs di internet, video, atau jurnal. Selain itu, siswa juga menerapkan bioteknologi melalui percobaan sederhana, misalnya siswa membuat pupuk cair dari limbah dapur dengan memanfaatkan mikroba atau pembuatan hand sanitizer dari tanaman lidah buaya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu tumbuh kembang, serta memiliki kecakapan dan pengetahuan yang lebih memadai. Serta cakap dalam menganalisis masalah dan memiliki pengetahuan, kreatif inovatif, produktif dan mandiri
  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu tumbuh kembang, pengetahuannya semakin luas, berperilaku jujur, berinteraksi secara sopan, santun, terbuka dan komunikatif, serta beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.
  • Siswa menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki kegemaran terhadap matematika, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
  • Siswa akan membiasakan diri berkerjasama dengan orang lain dalam memecahkan masalah atau hidup gotong-royong (kolaborasi), adaptif, mandiri, kreatif, produktif, dan inovatif yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Siswa menunjukkan tumbuh rasa cinta dan bangga terhadap tanah air, bangsa, dan negaranya.
  • Siswa akan memiliki kecakapan, pengetahuan dan pemahaman terkait materi yang diberikan
  • Siswa akan memiliki kecakapan dan pengetahuan terkait materi yang diberikan dan mampu menerapkannya melalui ide-ide percobaan sederhana
Last modified June 9, 2022: class linktitle update (e06a9e3)