Matematika Kelas 12

Pelajar kelas 12 perlu menekankan pengembangan pada pumpunan di bawah ini, guna mengasah kemampuannya bernalar dan membuktikan, menyelesaikan masalah, berkomunikasi, membuat hubungan, sekaligus mengkaji penyajian dalam berbagai cara.

Pumpunan Matematika Kelas 12

Pelajar kelas 12 perlu menekankan pengembangan pada pumpunan di bawah ini, guna mengasah kemampuannya bernalar dan membuktikan, menyelesaikan masalah, berkomunikasi, membuat hubungan, sekaligus mengkaji penyajian dalam berbagai cara.

Aljabar

Mengembangkan pemahaman tentang limit pada fungsi trigonometri

Pelajar menelaah limit pada berbagai fungsi, seperti fungsi trigonometri, termasuk mengungkapkan perilaku fungsi di sekitar suatu titik. Dengan memanfaatkan konsep limit, pelajar memahami asal rumus dari sifat-sifat limit fungsi trigonometri.

Geometri

Mengembangkan pemahaman tentang kedudukan titik, garis, dan bidang lebih lanjut

Pelajar mengaplikasikan pemahaman kedudukan titik dan garis di ruang dimensi tiga. Pelajar juga terampil menghitung jarak (antara dua titik, titik dan garis, titik dan bidang, garis dan bidang, dsb) dengan memanfaatkan rumus yang telah dipelajari sebelumnya. Pelajar juga menemukan cara menghitung jarak atau panjang segmen garis dengan memanfaatkan rumus Pitagoras dan rumus lainnya.

Statistika dan Peluang

Mengembangkan pemahaman tentang statistika inferensi dan menggunakannya pada masalah nyata yang menggunakan data

Pelajar mampu menyajikan data tunggal sekaligus data berkelompok, seperti data nilai pelajar (tunggal) data tinggi pelajar dalam satu sekolah (berkelompok dalam selang ketinggian). Pelajar juga mampu menganalisis kaitan rumus perhitungan ukuran pemusatan data dan ukuran penyebaran data pada data tunggal serta kelompok. Pelajar mampu menyusun tahapan dalam statistika mulai dari merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menyajikan data, menganalisa data, hingga menarik kesimpulan dari suatu data. Dengan memanfaatkan keterampilan ini, pelajar dapat menanggapi secara kritis isu atau masalah sehari-hari. Misalnya, dengan menggunakan data pertumbuhan ekonomi atau pengangguran, pelajar dapat memverifikasi pernyataan atau klaim terjadi pertumbuhan pembangunan yang positif atau negatif.

Pelajar terampil dalam menggunakan konsep dasar peluang, seperti himpunan ruang sampel, ruang kejadian, frekuensi relatif, dan frekuensi harapan dalam berbagai kasus. Selanjutnya konsep tersebut dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan.

Keterkaitan dengan Proses Bermatematika

Penyelesaian Masalah

Dengan memanfaatkan keterampilan dalam menyajikan dan menganalisis data, pelajar menelaah secara kritis suatu keadaan serta menyampaikan hasil telaahnya. Misalnya, mengolah data kependudukan untuk mengungkapkan adanya kecenderungan peningkatan penduduk atau tidak.

Bernalar dan Membuktikan

Pelajar menuliskan bukti dari pernyataan atau klaim dengan rangkaian argumen yang runtun.

Penyajian

Pelajar terampil dalam merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, mengolah data, sampai menarik kesimpulan.