Informatika Kelas 4

Fokus pembelajaran informatika kelas 4 meliputi Apresiasi kontribusi sesama dan memahami progresi teknologi, mengenal prinsip dasar kerja komputer dan jaringan serta menggunakan aplikasi menggambar dan pengolah kata serta mengenal berbagai macam ragam berpikir komputasi

Fokus Pembelajaran Informatika Kelas 4

Etika dan Kesadaran

Apresiasi kontribusi sesama dan memahami progresi teknologi

Teknologi baru dibuat dan diubah karena berbagai sebab, termasuk untuk meningkatkan kegunaannya, menurunkan resikonya, dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Siswa, dengan bimbingan guru, mendiskusikan progresi teknologi dalam sejarah manusia. Siswa menyadari perubahan cara kerja manusia dari waktu ke waktu. Siswa menyadari bahwa teknologi baru dibangun di atas platform sebelumnya. Siswa mendiskusikan teknologi yang telah merubah dunia, dan mengungkapkan bagaimana teknologi mempengaruhi dan dipengaruhi budaya setempat. Siswa dapat memberi contoh terkait hal itu, untuk budaya lokalnya.

Siswa sadar sifat dunia digital yang kolaboratif dan saling menghargai. Ada tata aturan tersendiri semisal hak cipta, hak moral, tata krama diskusi online, dan anjuran berkontribusi. Siswa membuat karya berkelompok (dapat berbasis komputer), lalu membuat daftar kontribusi “siapa telah berkontribusi apa”, termasuk orang/teman di luar kelompok. Jika ada komponen mengandung hak cipta (misal foto), siswa menyebutkan sumbernya meski cara sitasinya tidak sesuai standar. Siswa mampu memberi feedback pada karya kelompok lain dengan kata-kata yang baik dan konstruktif. Siswa menyadari sifat internet “Google tidak lupa” sehingga siswa berhati- hati dalam mengunggah apapun. Mereka tidak menyebar informasi yang bersifat privat.

Pengetahuan dan Ketrampilan

Mengenal prinsip dasar kerja komputer dan jaringan serta menggunakan aplikasi menggambar dan pengolah kata

Siswa memahami aspek hardware dan software suatu desain. Siswa memahami prinsip kerja dan interaksi antar komponen komputer. Input dan output, prosesor, memori/RAM, internal storage/harddrive, berbagai macam peripherals, dan sistem operasi. Siswa tahu nama perangkat jaringan, koneksi antar perangkat, koneksi internet, dan perjalanan paket internet dari piranti ke sebuah server. Siswa mengetahui bahwa koneksi internet disediakan oleh provider. Siswa mengenal pencarian lewat mesin pencari, termasuk pencarian frase.

Jika memungkinkan, siswa sudah bisa mengoperasikan aplikasi menggambar bitmap dan dan aplikasi pengolah kata di komputer. Siswa dapat mulai mengetik dengan sepuluh jari. Siswa memberi nama yang ringkas, deskriptif, distingtif, dan tidak asal memberi nama, untuk suatu file kerja. Administrasi folder dan nama file dapat ditertibkan sejak dini.

Berpikir komputasi

Mengenal berbagai macam ragam berpikir komputasi

Abstraksi dan dekomposisi masih berlanjut dari kelas-kelas sebelumnya, dengan kompleksitas yang lebih tinggi. Siswa mulai akrab dengan dekomposisi pemikiran, dan mampu memproduksi mind-map secara individu. Siswa juga mampu mendekompisisi tugas menjadi langkah-langkah yang ringkas. Siswa mampu mempresentasikan mind-map dan langkah kerja yang dibuat dan bisa memberi feedback secara baik dan konstruktif. Siswa mampu membuat dan mendiskripsikan prosedur dan langkah-langkah suatu pekerjaan dengan cabang-cabang yang sederhana.

Siswa dapat melihat dan mengungkapkan common features yang ada pada objek-objek yang diberikan, dan bisa memberikan lebih dari satu cara untuk melihatnya. Siswa bisa membuat generalisasi untuk hasil abstraksinya tadi. Misal: berdasarkan deskripsi abstraksi yang dibuat, benda apalagi yang sekarang bisa masuk? Terkait ini, siswa dapat berdiskusi dengan cara positif antar teman.

Siswa diminta menemukan dan mengungkapkan algoritma pencarian benda terberat. Misal: diberikan sepuluh buah mangga, bagaimanakah cara menemukan mangga yang paling berat? Di lapangan terbuka, siswa mulai melakukan permainan sorting network. Siswa menjumpai salah aspek komputasi, yakni four-color theorem. Siswa mewarnai peta kecamatan-kecamatan dalam satu kabupaten, dan peta kabupaten-kabupaten dalam satu propinsi, dengan sehemat mungkin warna. Siswa menyadari bahwa banyaknya warna yang diperlukan akan tidak lebih dari empat. Siswa memverifikasi ini dengan mencoba-coba berbagai konfigurasi dan penempatan leluas.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  • menunjukkan kebiasaan berinteraksi secara sopan, santun, dan terbuka dalam keberagaman masyarakat
  • menunjukkan kebiasaan mematuhi tata tertib, peraturan, dan norma sosial
  • menunjukkan kebiasaan bersikap dan berperilaku jujur
  • menunjukkan kebiasaan hidup gotong-royong (kolaborasi), adaptif, mandiri, kreatif, produktif, dan inovatif yang bermanfaat bagi dirinya
  • menunjukkan kemampuan berkomunikasi tingkat dasar dengan Bahasa Indonesia secara lisan dan tulis dalam interaksi sehari-hari
  • menunjukkan rasa ingin tahu dan kegemaran terhadap matematika, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
  • menunjukkan kegemaran memanfaatkan informatika secara selektif dalam kehidupan sehari-hari
Last modified June 16, 2022: informatika sd done (f705a2a)