Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat 1 (Kelas 1-3) - BSNP 2020


Muatan Pendidikan Agama bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama serta menumbuhkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. 

Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek keimanan (akidah), sumber ajaran Islam (Alquran dan Hadis), Hukum Islam (fikih) dengan penekanan pada aspek ibadah, akhlak mulia, dan sejarah Islam. 

Dalam fokus pembelajaran tingkat SD 1 – 3 ini, siswa dipandu untuk memahami dan mempraktekkan dasar-dasar ajaran agamanya. Seluruh aspek tersebut disajikan dalam 9 fokus pembelajaran yang disajikan secara integratif melalui kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. 

Hal-hal penting yang ingin disampaikan melalui fokus pembelajaran ini adalah konsep keimanana secara sederhana, membaca Alquran disertai hafalan surat-surat pendek, ibadah sehari-hari dan akhlak kepada lingkungan terdekat.

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 1

Mengenal Islam [Aspek: Keimanan dan Ibadah]

Siswa mempelajari Islam sebagai agama didasari dua kalimat syahadat dan rukun Islam, siswa menghafal dua kalimat syahadat dan mengetahui artinya. Guru membimbing siswa untuk melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan menjelaskan artinya, disertai penjelasan tentang rukun Islam lainnya secara singkat.

Ayo Sholat [Aspek: Ibadah dan Kitab Suci]

iswa mengetahui mempelajari tata cara wudhu, sholat dan mempraktekkannya dengan benar dan tertib, dengan bacaan sederhana dan menghafal Surat Al-Fatihah, An-Naas, AlFalaq dan Al-Ikhlas dengan benar sebagai bagian dan bacaan sholat. Guru membimbing siswa mempraktekkan tata cara berwudhu, melakukan gerakan solat, dan menghafal surat-surat pendek dengan cara membaca yang benar. Secara gradual guru juga mengajarkan adab sholat.

Aku dan Keluarga [Aspek: Akhlak dan Ibadah]

Siswa mempelajari konsep keluarga secara sederhana dan unsur-unsur keluarga, serta mempraktekkan akhlak yang baik kepada orangtua dan orang-orang yang ada di rumahnya. Siswa membaca doa sehari-hari untuk kedua orangtua dan mengetahui artinya. Guru mengenalkan konsep keluarga (ada keluarga yang tidak lengkap – perlu sensitivitas guru) dan mengenalkan akhlak yang baik kepada orangtua dan saudara.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Siswa diharapkan dapat memahami dasar-dasar keislaman secara sederhana sesuai dengan usianya.
  2. Siswa diharapkan memahami dan dapat mempraktekkan tatacara wudu dan solat, serta mampu menghafal surat Al-Fatihah, An-Naas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas).
  3. Siswa diharapkan dapat memahami posisinya dalam keluarga dan memiliki akhlak yang baik dalam keluarganya, termasuk mendoakan orangtua. 

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 2

Allah Maha Pengasih dan Penyayang [Aspek: Keimanan dan Akhlak]

Siswa mempelajari dan memahami makna nama Allah Ar-Rahman dan Ar-Rahim, serta mempraktekkan sikap kasih sayang dalam kehidupan. Guru menjelaskan makna ar-Rahman dan ar-Rahim disertai contohnya, dan memberikan contoh penerapan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.

Alquran-ku [Aspek: Keimanan, Ibadah dan Akhlak]

Siswa belajar membaca Alquran dengan makhraj yang benar dan menghafal surat-surat AlLahab, An-Nashr. Guru menjelaskan Alquran sebagai kitab suci. Guru perlu memperhatikan secara seksama kemampuan tiap individu siswa dalam membaca Alquran. Jika diperlukan, diadakan remedial membaca Alquran. Siswa mempraktekkan membaca surat-surat pendek yang berbeda dalam sholat lima waktu. Guru membimbing siswa untuk menghafal dan membaca sesuai dengan tajwid.

Teman-temanku [Aspek: Akhlak]

Siswa mengidentifikasi teman-teman di lingkungan sekolah dan rumah. Siswa mempelajari dan mempraktekkan akhlak yang baik kepada teman-teman, seperti suka menolong, suka berbagi, saling menyapa dan tidak mengucilkan. Guru perlu memastikan pemahaman siswa
tentang akhlak yang baik dan melakukan observasi mengenai perilaku siswa di sekolah, serta mengidentifikasi potensi berkembangnya akhlak yang tidak baik.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Siswa diharapkan memiliki dasar-dasar keyakinan kepada Allah dan memiliki sikap kasih sayang sesuai dengan nama Allah: Ar-Rahman dan Ar-Rahim
  2. Siswa diharapkan mampu mempraktekkan bacaan Alquran dengan baik dan menghafal surat-surat pendek.
  3. Siswa diharapkan memahami konsep akhlak yang baik terhadap teman dan mempraktekannya dalam pergaulan di sekolah dan di luar sekolah.

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 3

Cinta Rasul [Aspek Keimanan dan Sejarah]

Siswa mempelajari Nabi Muhammad sebagai utusan Allah pembawa ajaran agama, dan menelaah kisah hidup Nabi Muhammad dan perannya sebagai Rasul, serta adanya nabi dan rasul selain Muhammad SAW. Guru memberikan penjelasan dan argumen-argumen yang sesuai dengan usia siswa tentang tugas nabi dan rasul sebagai utusan Allah, sehingga menimbulkan keyakinan terhadap Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah. Guru mengenalkan kisah Nabi Muhammad baik melalui tulisan ataupun kisah verbal.

Cinta Belajar [Aspek: Akhlak dan Sejarah]

Siswa mempelajari kisah tokoh-tokoh ilmuwan Muslim yang gemar belajar sehingga siswa dapat menumbuhkan semangat gemar belajar dan mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari informasi. Guru mengenalkan tokoh ilmuwan Muslim, seperti Ibnu Sina, kepada siswa dan melatih siswa untuk memiliki rasa ingin tahu dan mengekspresikannya.

Sayangi Lingkungan [Aspek: Akhlak dan Sejarah]

Siswa mempelajari pandangan Islam tentang lingkungan hidup dan mengembangkan akhlak yang baik tentang lingkungan, seperti tidak buang sampah sembarangan, mengenal barangbarang yang berbahaya bagi lingkungan, dan lain-lain. Guru memberikan gambaran dan mencontohkan sikap peduli lingkungan serta mengilustrasikan contoh-contoh aktual dan masa lalu tentang manusia yang celaka karena merusak lingkungan.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Siswa diharapkan memahami dan meyakini konsep Nabi dan Rasul sebagai utusan Allah dan Nabi Muhammad sebagai Rasul yang terakhir.
  2. Siswa diharapkan memiliki kecintaan terhadap ilmu dan memiliki karakter yang kuat sebagai pembelajar yang menghargai ilmu.
  3. Siswa diharapkan memiliki sikap yang positif terhadap lingkungan dan mempraktekkan akhlak yang mulia terhadap lingkungan sekitarnya.
FPPAI BSNP