Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Krisis Gelombang Covid-19 Kedua di India, Indonesia Harus Waspada

Covid-19 India Melonjak (Dok. Kompas)

Infeksi virus Corona di India bergerak naik meski sebelumnya dikabarkan telah bisa mengendalikan kasus ini.

Minggu 18 April 2021 lalu India mencatatkan rekor dengan adanya kasus baru covid-19 sebanyak 261.500 kasus per harinya. Kasus kematian harian juga mencatatkan rekor sebanyak 1.501 kasus kematian dalam sehari. 

Berdasarkan data covid-19 India berada di urutan kedua dengan kasus covid-19 terbanyak di dunia. Kasus covid-19 sebanyak lebih dari 15.000.000 kasus pada 19 April 2021.

Lalu apa yang menyebabkan India diterpa gelombang kedua kasus covid-19 belakangan ini? Salah satunya adalah festival keagamaan di utara Kota Haridwar yang dikunjungi oleh 5 juta yang datang dari berbagai daerah di India. Sebagian besar yang datang ke acara itu tidak menggunakan masker. 

Pejabat di Haridwar mengatakan bahwa pada hari Senin 12 April 2021 dan Selasa 13 April 2021 mereka mendeteksi hampir 2000 kasus infeksi menjangkiti peserta festival tersebut.

Selain itu ada pula beberapa pemicu kasus covid-19 di India yaitu daerah yang kumuh, mengabaikan protokol kesehatan dan adanya varian virus B117 yang lebih cepat menular. 

Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau mengadaptasi dari India.

Ini adalah pelajaran bagi Indonesia agar jangan sampai seperti India. Abai dan lalai untuk menerapkan protokol kesehatan. Menanggapi terjadinya ledakan kasus covid-19 di India Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar kita semua jangan sampai melupakan protokol kesehatan.

Kita melihat ada kenaikan gelombang ketiga atau yang tinggi di negara-negara di Eropa, negara-negara Asia, khususnya India ,Filipina  dan juga di Papua Nugini. Demikian juga di negara Amerika Selatan seperti Chili dan Brazil

Jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita tidak waspada. Jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita euforia. Karena Covid-19 masih menular, masih ada dan kita harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

Meskipun India dan Indonesia Tengah terus menggalakkan vaksinasi covid-19 namun protokol kesehatan harus tetap dipatuhi demi mencegah terjadinya penyebaran kasus covid-19.