Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fokus Pembelajaran PPKn BSNP - 2020

Fokus Pembelajaran PPKn BSNP - 2020

Fokus Pembelajaran muatan PPKn merupakan pemetaan kekhasan muatan terkait dengan kajian Pancasila, identitas nasional, hak dan kewajiban, serta persatuan dan kesatuan. Kekhasan lain yang menjadi fokus pembelajaran adalah nasionalisme, UUD NRI 1945, konstitusi, demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan perilaku antikorupsi. Berdasarkan pemetaan kekhasan tersebut, selanjutnya dijabarkan menjadi topik bahasan, sehingga diperoleh pengalaman pembelajaran yang dilakukan peserta didik.

Tujuan Fokus Pembelajaran untuk memudahkan guru PPKn dalam membaca ruang lingkup materi dan sasaran kompetensi yang diharapkan. Selain itu, guru dapat menentukan prioritas materi yang akan disajikan dalam pembelajaran. Di sisi lain, guru dapat melakukan inovasi pembelajaran dengan memilih pendekatan, metode, dan media yang tepat sesuai dengan karakteristik materi, peserta didik dan kondisi sekolah.

Penerapan Fokus Pembelajaran PPKn pada tingkat 1 dan 2 diorientasikan pada pengenalan identitas diri, anggota keluarga, dan teman-temannya serta pengenalan Pancasila sebagai identitas anak Indonesi. Penanaman sikap jujur, mandiri, santun, bertanggung jawab, kebiasaan peduli terhadap lingkungan alam dan sosial juga menjadi penekanan pada fase ini. Di samping itu pengenalan arti dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa serta nilai-nilai yang terkandung dalamnya, menghormati perbedaan, menjaga persatuan dan kesatuan, semangat cinta tanah air, dapat menanamkan sikap nasionalisme pada peserta didik.

Selanjutnya, penerapan Fokus Pembelajaran PPKn pada tingkat 3 diorientasikan pada pemahaman makna dan nilai perumusan Pancasila Pancasila sebagai dasar negara RI, serta kedudukan Pancasila dalam UUD NRI 1945 Selain itu, peserta didik memahami rasa toleransi sebagai unsur yang sangat penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Selanjutnya, peserta didik dapat berkolaborasi, berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam proses pembelajaran serta mampu memberikan solusi sederhana terkait dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, peserta didik memiliki wawasan yang luas dan terampil dalam memecahkan persoalan sosial yang terjadi di masyarakat.

Sedangkan penerapan Fokus Pembelajaran PPKn pada tingkat 4 diorientasikan pada pengkajian tentang Pancasila sebagai pandangan hidup, dasar dan ideologi negara dalam percaturan berbagai ideologi di dunia, serta harmonisasi hak dan kewajiban warga negara dalam masyarakat global dan mutikultural. Peserta didik dapat berkolaborasi serta berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Peserta didik mampu terlibat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi, baik yang bersifat lokal, nasional, maupun global sesuai dengan kemampuanya.

(BSNP 2020)