Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 7 SMP MTs - BSNP 2020


Jujur dan Amanah [Aspek Akhlak dan Alquran-Hadis]

Siswa mengeksplorasi nilai-nilai kejujuran dan amanah dalam ajaran Islam, serta memahami dalil-dalinya. Mengidentifikasi dan mempraktekkan nilai-nilai kejujuran dan amanah dalam kehidupan. Siswa menghafal surat-surat pendek: Al-‘Alaq, At-Tiin, AlInsyirah dan Ad-Dhuha. Guru membimbing siswa mengidentifikasi nilai-nilai kejujuran dan amanah lewat contoh kasus dan observasi. Guru membimbing siswa membaca Alquran dengan tajwid dan menghafal surat-surat Al-‘Alaq, At-Tiin, Al-Insyirah dan Ad-Dhuha.

Keimanan kepada Malaikat [Aspek: Keimanan dan Alquran]

Siswa mempelajari tentang makna keimanan kepada Malaikat dan implementasinya dalam kehidupan. Siswa mengetahui dalil-dalil keimanan kapada Malaikat berdasarkan ayat-ayat Alquran pilihan. Guru membimbing siswa dalam memahami makna keimanan kepada Malaikat dan mempraktekkan implikasi keimanan kepada Malaikat.

Tokoh Muslim Indonesia [Aspek: Sejarah]

Siswa mempelajari kisah dan meneladani KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan dalam dakwah Islam di Indonesia melalui organisasi, lembaga pendidikan, rumah sakit, yayasan yatim piatu, dan lain-lain. Siswa mengemati melalui bacaan dan video, pengaruh tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia. Siswa mencari informasi tentang tokoh di wilayahnya yang berpengaruh besar dalam dakwah Islam secara kultural di wilayahnya. Guru memberikan referensi bacaan dan video, membimbing siswa untuk memahami dengan baik dan mengambil kesimpulan akan keteladananan tokoh. Guru memfasilitasi siswa untuk mengidentifikasi dan mempelajari tokoh dakwah Islam di wilayahnya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Melalui topik 1 (jujur dan amanah), siswa diharapkan memiliki sikap jujur dan amanah dalam berinteraksi di keluarga, sekolah dan bermasyarakat.
  2. Melalui topik 2 (Keimanan kepada Malaikat) siswa diharapkan memiliki sikap mawas diri dalam berperilaku sehari-hari, sehinga keimanannya tercermin pada perbuatannya.
  3. Melalui topik 3 (Tokoh Muslim Indonesia), siswa diharapkan dapat meneladani tokohtokoh Muslim di Indonesia dalam memperjuangkan Islam di masyarakat dengan memperhatikan budaya lokal serta merefleksikannya dalam kehidupan saat ini.