Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 10 SMA/MA - BSNP 2020


Sumber-sumber Ajaran Islam [Aspek: Alquran - Hadis, Fikih dan Sejarah]

Melalui proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas, siswa dengan bimbingan guru, mengenal sumber-sumber ajaran Islam yang utama, yaitu: Alquran, Hadits dan Ijtihad. Dari aspek Alquran dan Hadis, siswa mempelajari argumen tekstual dan rasional mengenai sumber-sumber ajaran Islam tersebut dan definisi masing-masing. Dari aspek sejarah, siswa mendalami tentang Alquran (makna, sejarah diwahyukan, dibukukan dan pelestariannya) dan hadits (makna, sejarah periwayatan dan kategorisasinya). Dari sisi fikih, dengan bimbingan guru siswa mengidentifikasi posisi Alquran, Hadis dan ijtihad dalam penetapan hukum Islam dan perbedaan pendapat dalam penafsiran Alquran dan Hadis, perbedaan pendapat dalam ijtihad/fatwa, serta kekuatan sebuah ijtihad/fatwa.

Iman dan Pembentukan Karakter [Aspek: Alquran - Hadis, Akidah dan Akhlak]

Siswa berupaya menguatkan keimanan dengan mengeksplorasi ajaran agama sehingga menumbuhkan keyakinan atas dasar-dasar keimanan. Dengan Alquran dan Hadis, siswa mengidentifikasi dan mengkaji argumen tekstual tentang dasar-dasar keimanan (rukun iman), Dengan keyakinan pada rukun iman yang enam siswa menumbuhkan karakter yang ditumbuhkan: jujur, optimis, senang berbuat baik, dan tawakkal. Guru memberikan referensi dan contoh penguatan karakter dengan dasar keimanan. Guru membimbing siswa untuk memperkuat keyakinannya terhadap aspek keimanan dalam ajaran Islam

Ibadah dan Mu’amalah [Aspek: Alquran-Hadis, Fiqh dan akhlak]

Siswa mendalami prinsip-prinsip dan distingsi ekonomi Islam, serta beberapa contoh prakteknya (jual-beli, tabungan, pinjam meminjam dan investasi). Siswa juga mengembangkan sikap hidup yang memperhatikan pentingnya hak Allah dan hak manusia dalam beribadah dan bermuamalah. Guru memfasilitasi siswa memahami prinsip muamalah dalam Islam dan akhlak dalam bermuamalah. Guru memandu siswa untuk memahami muamalah dalam Islam dan mengidentifikasi praktek-praktek muamalah yang Islami.

Kepedulian Lingkungan [Aspek: Alquran - Hadis, Fikih dan Akhlak]

Siswa mengeksplorasi bacaan, makna dan kandungan ayat-ayat Alquran dan Hadits tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan hidup serta tidak merusak alam. Siswa mengidentifikasi ketentuan hukum tentang perbuatan-perbuatan yang merusak lingkungan dan alam. Siswa menumbuhkan kesadaran peduli lingkungan melalui pembiasaan di sekolah dan di rumah. Sekolah membangun budaya peduli lingkungan. Orang tua membiasakan sikap peduli lingkungan di keluarga. Guru memandu siswa untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menjaga dan memperbaiki lingkungan, atas dasar ajaran agama.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Topik 1 mengantarkan peserta didik untuk memiliki wawasan tentang sumbersumber ajaran sehingga dapat memahami Islam secara komprehensif dari sumbersumbernya.
  2. Topik 2 mengantarkan peserta didik untuk memantapkan keyakinannya terhadap ajaran Islam melalui eksplorasi terhadp ayat-ayat Alquran dan Hadis yang terkait dengan keimanan. Dasar keimanan yang kuat akan mengantarkan peserta didik memiliki karakter positif yang kuat pula.
  3. Topik 3 mengantarkan peserta didik untuk memahami praktek-praktek ibadah dan muamalah dari sumber ajaran Islam dan mempraktekkan akhlak kepada Allah SWT dalam melaksanakan ibadah.
  4. Topik 4 mengantarkan peserta didik untuk memahami ajaran agama tentang peduli lingkungan, memiliki kepedulian pada lingkungan dan mempraktekkan akhlak yang baik kepada lingkungan sekitar.