Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 8 SMP MTs - BSNP 2020


Ikhlas, Sabar dan Pemaaf [Aspek: Akhlak dan Alquran-Hadits/Kitab Suci]

Siswa mempelajari dan mengeksplorasi makna ikhlas, sabar dan pemaaf dalam Islam. Siswa melakukan observasi penerapan sikap ikhlas, sabar dan pemaaf. Siswa menghafal surat AlLail, As-Syams dan Al-Balad. Guru membimbing siswa untuk memahami makna ikhlas, sabar dan pemaaf, melalui pemahaman terhadap dalil-dalil Alquran-Hadits dan contoh penerapannya. Guru membimbing siswa untuk menghafal surat-surat pendek pilihan.

Shalat Jumat, Jamak dan Qashar [Aspek: Ibadah]

Siswa mempelajari tentang ketentuan sholat Jumat, Shalat jamak dan qashar, serta mempraktekkannya. Guru membimbing siswa untuk dapat mempraktekkan sholat Jumat, Jama dan Qashar dengan benar.

Nilai-nilai Cinta Ilmu [Aspek: Sejarah dan Akhlak]

Siswa mempelajari perkembangan ilmu pengetahuan dalam sejarah Islam, di masa Bani Abbasiyah, terutama dengan hadirnya Baitul Hikmah, penerjemahan buku-buku dari luar Islam ke dalam Bahasa Arab. Guru membimbing siswa dalam menemukan referensi dan mengidentifikasi kemajuan Islam di masa Bani Abbasiyah, kehausan akan ilmu, kesungguhan belajar dan keterbukaan berpikir. Khususnya kehadiran Baitul Hikmah.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Melalui topik 4 siswa diharapkan memiliki wawasan dapat menerapkan iklhas, sabar dan pemaaf dalam keseharian, serta menghafal surat-surat pilihan dari Alquran.
  2. Melalui topik 5 siswa diharapkan dapat melaksanakan solat Jumat dan solat Jamak serta Qashar sesuai dengan ketentuan fikih yang benar.
  3. Melalui topik 6 siswa diharapkan memiliki wawasan tentang sejarah Islam masa Bani Abbasiyah, serta menumbuhkan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan.