Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 9 SMP MTs - BSNP 2020


Sholat-sholat Khusus [Aspek: Ibadah dan Alquran-Hadis]

Siswa berupaya memahami dan mempraktekkan sholat-sholat yang dianjurkan pada waktu tertentu, seperti sholat ‘ied, tarawih, kusyuf, khusuf, hajat, tahajud dan jenazah. Siswa membaca dan menghafal surat Al-Fajr, Al-Ghasyiyah dan al-A’la. Guru memfasilitasi siswa untuk memahami dan mempraktekkan sholat-sholat khusus dan membaca serta menghafal surat Al-Fajr, Al-Ghasyiyah dan Al-A’la dengan tajwid.

Halal dan Haram dalam Islam [Aspek: ibadah dan Akhlak]

Siswa mengidentifikasi makanan yang halal dan haram dalam Islam, berupaya menemukan hikmah adanya halal dan haram dalam makanan dan implementasinya dalam kehidupan  sehari-hari. Guru memfasilitasi siswa untuk memahami konsep makanan yang halal dan haram. Guru membimbing siswa untuk merasa cukup dengan yang halal.

Tradisi Islam [Aspek: Sejarah dan Ibadah]

Siswa mempelajari sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan menganalisa lahirnya tradisi-tradisi Islam khas Indonesia, seperti: Ragam perayaan Maulid Nabi di Indonesia. Guru memandu siswa mempelajari sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan memahami tradisi-tradisi keagamaan di daerah masing-masing dan menggali hikmahnya.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Melalui topik 7, siswa diharapkan dapat mempraktekkan sholat-sholat khusus, baik secara sendiri ataupun berjamaah. Siswa juga diharapkan menambah hafalan suratsurat pendeknya.
  2. Melalui topik 8, siswa diharapkan dapat membedakan makanan yang halal dan haram, mampu menjelaskan hikmah halal dan haram, serta mampu menerima aturan Allah tentang halal dan haram.
  3. Melalui topik 9, siswa diharapkan memiliki wawasan tentang beragam tradisi keagamaan di daerahnya dan mampu membedakan tradisi yang baik dan yang tidak baik, sehingga menghargai tradisi-tradisi keagamaan yang baik.