Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat 2 (Kelas 4 - 6) - BSNP 2020


Muatan Pendidikan Agama bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama serta menumbuhkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek keimanan (akidah), sumber ajaran Islam (AlAlquran - Hadis), Hukum Islam (fikih) dengan penekanan pada aspek ibadah, akhlak mulia, dan sejarah Islam. Dalam fokus pembelajaran tingkat SD 4 – 6 ini, siswa dipandu untuk memahami konsep-konsep dasar dan mempraktekkan ajaran agama sesuai dengan tahap perkembangannya. Seluruh aspek tersebut disajikan dalam 9 fokus pembelajaran yang disajikan secara integratif melalui kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Hal-hal penting yang ingin disampaikan melalui fokus pembelajaran ini adalah konsep keimanana tentang akhirat dan takdir, praktek ibadah sehari-hari, membaca dan menghafal Alquran surat pilihan, serta akhlak kepada orang lain

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4

Alquran sebagai Kitabullah [Aspek: Keimanan dan Ibadah]

Siswa mengenali dan berupaya meyakini Alquran sebagai kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad, serta mengenak adanya kitab suci selain Alquran. Siswa memperbaiki bacaan Alquran sesuai dengan tajwid dan menambah hafalan surat-surat pendek (al-Kafirun, al-Kautsar dan al-Mauun, al-Quraish, al-Fill, al-Humazah). Guru memfasilitasi siswa memahami Alquran sebagai kitab suci, makna kitab suci dan memahami kitab suci yang lain. Guru memandu siswa untuk membaca Alquran sesuai dengan tajwid dan menghafal surat-surat pendek.

Bacaan Sholat [Aspek: Ibadah dan Akhlak]

Sebagai kelanjutan dari jenjang sebelumnya, pada jenjang ini siswa mempelajari, hafalmenghafal dan mempraktekkan bacaan-bacaan sholat dari takbiratul ihram hingga salam. Guru membimbing siswa secara bertahap untuk menghafal dan mempraktekkan bacaanbacaan sholat. Dalam konteks ini, guru perlu menguasai adanya perbedaan pendapat tentang beberapa bacaan sholat (seperti bismillah di awal fatihah dan doa iftitah), mengetahui pandangan sosial di sekitar sekolah dan mengarjakan dengan bijak, dengan memperhatikan lingkungan sosialnya.

Puasa dan Zakat [Aspek: Ibadah dan Alquran]

Siswa mempelajari tentang syarat, rukun dan hikmah puasa wajib dan diwajibkannya zakat. Topik ini sebaiknya disampaikan menjelang bulan Ramadhan sehingga lebih kontekstual. Guru membimbing siswa untuk memahami dasar hukum (AlqAlquran dan Hadis) kewajiban puasa dan zakat, serta hikmah di balik kewajiban ibadah tersebut. Guru sebaiknya mengkomunikasikan dengan orangtua agar siswa dilibatkan dalam pelaksanaan zakat fitrah.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Siswa diharapkan dapat memiliki keyakinan terhadap Alquran sebagai Kitab Allah dan keyakinan terhadap kitab-kitab yang lain. Selain itu, siswa juga diharapkan memiliki kemampuan membaca Alquran dan menghafal surat-surat pilihan.
  2. Siswa diharapkan mempu melaksanakan sholat secara benar dan mandiri dengan menguasai bacanaan-bacaan sholat.
  3. Siswa diharapkan memahami dan dapat melaksanakan puasa dan zakat, dan memiliki rasa empati terhadap orang yang membutuhkan pertolongan.

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 5

Dunia dan Akhirat [Aspek Keimanan dan Alquran]

Siswa mempelajari perbedaan kehidupan dunia dan akhirat, serta berupaya meyakini adanya kehidupan akhirat. Siswa membaca dan menghafal surat-surat yang berkenaan dengan kehidupan akhirat (Al-`Ashr, At-Takatsur, Al-Qoriah, dan Al-’Adiyaat) Guru membimbing siswa mengkaji dalil naqli (argumen tekstual) dan dalil aqli (argumen rasional) tentang adanya kehidupan akhirat, serta memberikan contoh-contoh dan ilustrasi perbedaan kehidupan dunia dan akhirat. Guru membimbing dan memfasilitasi siswa untuk menghafal surat-surat pendek pilihan.

Kebersihan dalam Islam [Aspek: Ibadah dan Akhlak]

Siswa mempelajari tentang konsep kebersihan (thoharoh) dalam Islam: Bersih dari hadats, bersih dari najis dan bersih lingkungan. Guru memfasilitasi siswa untuk memahami konsep bersih dari najis, bersih dari hadats dan bersih lingkungan. Guru memandu siswa untuk bisa mempraktekkan wudhu, tayammum, dan istinja dengan benar. Guru menanamkan kebiasaan hidup bersih di kalangan siswa.

Akhlak yang Baik [Aspek: Akhlak]

Siswa mempelajari pandangan Islam tentang guru dan akhlak terhadap guru dan orang lain. Siswa menunjukkan kebiasaan memiliki akhlak yang baik terhadap guru dan orang lain. Guru membimbing siswa untuk memiliki akhlak yang baik terhadap guru dan akhlak kepada orang lain di sekolah atau di tempat lain.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Siswa diharapkan memahami dan meyakini adanya Hari Akhirat.
  2. Siswa diharapkan memahami konsep kebersihan dalam Islam, membiasakan hidup bersih, baik untuk beribadah maupun untuk kegiatan sehari-hari lainnya.
  3. Siswa diharapkan memiliki sikap yang positif terhadap gurunya dan orang lain.

Fokus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 6

Mengenal Takdir [Aspek Keimanan dan Sejarah]

Siswa mempelajari dan berupaya meyakini adanya takdir dalam kehidupan manusia. Siswa membaca Alquran dengan tajwid dan menghafal surat Al-Zalzalah, Al-Bayinah, Al-Qadr. Guru memfasilitasi siswa mendalami makna takdir dan hubungan manusia dengan takdir. Guru perlu hati-hati menjelaskan tentang takdir agar tidak terjebak pada fatalisme. Guru membimbing siswa membaca dengan benar dan menghafal surat-surat pilihan. 

Haji dan Umrah [Aspek: Ibadah dan Sejarah]

Siswa mempelajari tentang dasar hukum, tata cara serta hikmah pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Guru memfasilitasi siswa untuk mempelajari dasar hukum, tatacara haji dan umrah. Guru menjelaskan hikmah diwajibkannya haji dan umroh.

Perbedaan Suku bangsa dalam Islam [Aspek: Akhlak dan Sejarah]

Siswa mempelajari sejarah tentang suku dan agama yang berbeda di masa Nabi Muhammad dan mengidentifikasi perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungan sekolah dan tempat tinggalnya (dalam lingkup RW atau kelurahan/desa). Siswa berupaya memahami dan menerapkan sikap positif terhadap perbedaan suku dan agama di lingkungan sekolah dan sekitar tempat tinggalnya. Guru memfasilitasi siswa untuk mengidentifikasi perbedaan suku dan agama. Guru membimbing siswa untuk dapat menyikapi perbedaan dengan akhlak yang baik.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan

  1. Siswa diharapkan memahami dan meyakini konsep takdir.
  2. Siswa diharapkan memahami kewajiban haji dan umroh.
  3. Siswa diharapkan memiliki sikap yang positif terhadap perbedaan di sekitarnya dan mempraktekkan akhlak yang mulia terhadap orang di sekitarnya.
FPPAI BSNP